Breaking News:

Panen Raya di 456 Hektar Sawah, Rezita Meylani Yopi: Kuala Cenaku Lumbung Padi Ketahanan Pangan Inhu

Areal panen raya padi ini memiliki luas 456 hektar terdiri dengan rata-rata jumlah panen 6,9 ton per hektare. Kita berharap semoga ke depan produksi

Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit
Panen Raya di 456 Hektar Sawah, Rezita Meylani Yopi: Kuala Cenaku Lumbung Padi Ketahanan Pangan Inhu. Foto: Rezita Meylani Yopi, Ketua TP PKK Inhu menghadiri panen raya di Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu, Rabu (3/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Saat terik matahari pada Rabu (3/6/2020) siang Ketua TP PKK Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi beserta rombongan menaiki pompong menyebrangi Sungai Indragiri.

Setibanya di seberang, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor.

Semangat Rezita dan rombongan menempuh perjalanan puluhan kilometer untuk melakukan panen raya padi sawah di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu.

Di desa itu terdapat kurang lebih 456 hektar sawah untuk ketahanan pangan di Inhu.

Panen raya padi ini merupakan salah satu upaya mewujudkan swasembada padi di Kabupaten Inhu.

Pada kegiatan panen raya tersebut, hadir Kasi Pasca Panen Dinas Pangan TPH Provinsi Riau, Desmidawati, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, Paino, Camat Kuala Cenaku, Raja Muhammad Arif, Kepala Desa se Kecamatan Kuala Cenaku, serta tokoh masyarakat.

Agenda diawali dengan sambutan dari Camat Kuala Cenaku. Ia mengungkapkan bahwa Kecamatan Kuala Cenaku merupakan lahan yang baik untuk pengembangan pertanian padi, sehingga kedepan diharapkan perhatian pemerintah semakin meningkat melalui bantuan bibit serta sarana dan prasarananya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disnakan) Inhu, Paino mengungkapkan bahwa panen raya padi ini merupakan salah satu rencana kerja Disnakan Inhu tahun 2020.

Panen Raya di 456 Hektar Sawah, Rezita Meylani Yopi: Kuala Cenaku Lumbung Padi Ketahanan Pangan Inhu
Panen Raya di 456 Hektar Sawah, Rezita Meylani Yopi: Kuala Cenaku Lumbung Padi Ketahanan Pangan Inhu. Foto: Rezita Meylani Yopi, Ketua TP PKK Inhu menghadiri panen raya di Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu, Rabu (3/6/2020). (Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit)

"Areal panen raya padi ini memiliki luas 456 hektar terdiri dengan rata-rata jumlah panen 6,9 ton per hektare. Kita berharap semoga ke depan produksi padi di Kecamatan Kuala Cenaku terus meningkat, sehingga tercipta Kabupaten Inhu swasembada padi, apalagi saat ini di musim wabah Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Inhu, Rezita Meylani Yopi saat diwawancarai awak media usai kegiatan panen raya menyampaikan bahwa komoditas padi mempunyai peranan penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah.

Untuk itu perlu terus diupayakan pengembanganya, karena telah berperan sebagai penyedia pangan untuk ketahanan pangan daerah, penyediaan lapangan kerja dan sumber pendapatan masyarakat demi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh Rezita mengaku berkesan atas kegiatan panen raya yang perdana baginya.

"Kalau naik pompong, mengendarai motor itu sudah biasa, namun untuk panen raya padi ini perdana saya ikut. Alhamdulillah luar biasa, di areal satu hektar bisa menghasilkan 6 ton padi," ujar istri orang nomor satu di Kabupaten Inhu tersebut.

Rezita berharap semoga melalui kegiatan panen padi ini dapat mencukupi kebutuhan beras di Kabupaten Inhu dan menambah semangat para petani yang ada di Kuala Cenaku.

"Di tengah wabah Covid-19 ini para petani diharapkan untuk tidak putus asa dalam membantu kestabilan swasembada beras di Kabupaten Inhu serta bantuan dan dukungan pemerintah menjadi penambah semangat para petani untuk melakukan kegiatan-kegiaan dalam menjaga kestabilan swasembada beras tadi," katanya.

Panen Raya - Tribunpekanbaru.com / Bynton Simanungkalit.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved