Rokan Hulu

Tunggakan Biaya Kuliah Capai Rp. 545.190.000, Mahasiswi Asal Rohul Ini Galang Dana di Kitabisa.com

Novella Putri Whanda mahasiswi kedokteran Universitas Trisakti menggalang donasi melalui web kitabisa.com demi melunasi tunggakan Rp 500 Juta lebih.

tangkap layar/kitabisa.com
Tangkap layar aksi penggalangan dana mahasiswi kedokteran Universitas Trisakti Jakarta, Novella Putri Whanda asal Rokan Hulu yang ketika diakses baru mencapai Rp 46 Juta lebih, Senin (8/6/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Seorang mahasiswi kedokteran Universitas Trisakti Jakarta bernama Novella Putri Whanda asal Rokan Hulu menggalang donasi melalui kitabisa.com terkait hutang biaya kuliah sebesar Rp. 545.190.000.

Konon hutang tersebut muncul setelah beasiswa daerah atas nama mahasiswi itu setelah program beasiswa Pemkab Rokan Hulu macet sejak beberapa tahun silam.

Terkait persoalan tersebut, Kadisdik Rokan Hulu Ibnu Ulya mengatakan, pada masa itu beasiswa diberikan kepada sebanyak 59 orang mahasiswa semasa pemerintahan Bupati Rokan Hulu Achmad.

Ulya pun heran, kenapa berita itu mencuat dimasa sekarang ketika pembayaran beasiswa itu macet dimasa pemerintahan kepala daerah yang berbeda.

Siswa SMP di Rohul Riau Tewas Gantung Diri, Diduga Kesal Motor Mau Dijual Orang Tua

Ibu Tiga Anak Curi Sawit untuk Beli Beras di Rohul & Ditangkap, Anggota DPR Ingatkan PTPN V

"Kita melihat regulasi saat ini sudah tidak tepat lagi. Kita sudah melakukan konfirmasi ke TAPD, kita berharap melalui pengadilan hal ini bisa diselesaikan," ungkapnya.

Bukan tanpa alasan, Ulya menjelaskan, dia sudah pwenah memberi masukan agar para mahasiswa penerima beasiswa itu meneruskan persoalan itu melalui pengadilan.

"Kalau nanti Pengadilan mengeluarkan perintah bayar, maka kita akan segera bayarkan," tambahnya.

Dilanjutkannya, program beasiswa tersebut dikeluarkan di masa Bupati Rokan Hulu Achmad dan dibayarkan dengan anggaram bersumber pada dana hibah.

Di memaparkan, jumlah biaya dikeluarkan sepanjang program beasiswa tersebut mencapai angka Rp. 5 Milyar yang jika ditambahkan dengan biaya hidup menjadi sekitar Rp. 9 M.

Sementar, Staf Keuanfan dan Perlengkapan Disdik Rokan Hulu Asmudin yang pada masa pelaksanaan program beasiswa itu menjabat sebagai Bendahara Tim Pengelola Dana Hibah Bidang Pendidikan BPKAD Rokan Hulu 2013 silam itu membenarkan, jika program beasiswa yang ditagih oleh Novella merupakan program Bupati pada masa tersebut.

Beasiswa itu diberikan pada 59 mahasiswa dan mahasiswi yang menempuh studi di delapan perguruan tinggi sejak 2013 silam.

Disebabkan penggunaan anggaran bersumber pada dana hibah, maka program tersebut hanya dapat berjalan pada tahun pertama saja dan tidak berlanjut di tahun setelahnya.

"BPK juga sudah melarang kita menganggarkan beasiswa dari dana hibah. Makanya kita menganggarkan beasiswa dari dana hibah. Makanya, di tahun selanjutnya tak dilanjutkan lagi," urainya.

"Kami juga tak berani lagi mencairkan dana tersebut, makanya beasiswa tersebut tidak berlanjut," tambah Asmudin kemudian.

Dari alamat permintaan donasi Novella di https://kitabisa.com/campaign/bantunovellakuliahlagi?utm_source=socialsharing_donor_web_null yang diupload oleh seseorang bernama Marcellino Satriaman Harrio Pujo itu disampaikan, bahwa Novella diberi tenggat selama setahun untuk dapat menyelesaikan hutang masa perkuliahannya tersebut. (Tribunpekanbaru.com/Syahrul Ramadhan)

Penulis: Syahrul
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved