Breaking News:

Bengkalis

Menuju Zona Hijau, Dinas Kesehatan & Tim Gugus Tugas Bengkalis Lakukan Rapid dan Swab Test di Mandau

Kegiatan rapid test dan pengambilan swab dilaksanakan di Kantor Samsat dan di Mal Mandau City (Macy) di Kecamatan Mandau.

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: CandraDani
ISTIMEWA
Pejabat tim Gugus tugas Bengkalis, diantaranya Plh Bupati Bengkalis Bustami HY, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan dan Sekretaris Tim Gugus Tugas Tajul Mudaris saat meninjau pelaksanaan rapid dan swab di Kecamatan Mandau,Kamis (11/6) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Mendukung menuju pelaksanaan New Normal dan Zona Hijau dikabupaten Bengkalis, Dinas Kesehatan Bengkalis dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 mulai melakukan kegiatan rapid tes dan swab secara di fasilitas pelayanan publik dan masyarakat. Bahkan rencananya kegiatan ini dilakukan secara simultan.

Kegiatan ini sudah mulai dilakukan, diantaranya hari ini kegiatan rapid tes dan pengambilan swab dilaksanakan di Kantor Samsat dan di Mal Mandau City (Macy) di kecamatan Mandau.

"Hari ini ada kegiatan rapid dan swab kita lakukam di beberapa titik, dianataranya di Kantor Samsat dan Macy. Mereka yang reaktif hasil rapid tesnya langsung dilakukan swab, sebagian juga ada yang tidak di rapid tetapi diambil swab langsung," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra, Kamis (11/6) siang.

Sempat Merah, Bengkalis Sudah Zona Kuning, Protokol Kesehatan Diberlakukan Jelang New Normal

Kadis Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra menyampaikan sosialiasi pelaksanaan Rapid dan swab tes, Kamis (11/6) di Mandau
Kadis Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra menyampaikan sosialiasi pelaksanaan Rapid dan swab tes, Kamis (11/6) di Mandau (ISTIMEWA)

Mereka yang mengikuti swab hari ini tidak dilakukan karantina seperti swab yang dilakukan pada PDP. Karena memang pelaksanaan swab yang dilakukan bukan orang yang masuk dalam kategori PDP, namun orang umum yang beraktifitas ditempat ramai.

Menurut Ersan ini dilakukan, karena pihaknya mulai mengubah tata cara penanganan Covid 19. Tindakan swab tidak hanya dilakukan kepada orang orang yang sudah PDP saja mereka yang sehat juga akan dilakukan swab.

"Seperti di Samsat dan Mal Mandau City tadi mereka yang di swab bukan PDP ataupun ODP. Kita lakukan swab dan rapid terhadap mereka dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19 Bengkalis," terang Ersan.

Kegiatan rapid dan swab bersamaan, baru perdana dilakukan, dalam waktu dekat akan dijadwalkan di tempat tempat lain. Kegiatan rapid tes dan swab dilakukan merupakan upaya tim gugus dan pemerintah Bengkalis agar daerah Bengkalis bisa menuju zona hijau.

Lima PDP Covid-19 di Bengkalis Sembuh dan Boleh Pulang, Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Corona

Pelaksaaan Rapid test di beberapa titik di Kecamatan Mandau, Kamis (11/6)
Pelaksaaan Rapid test di beberapa titik di Kecamatan Mandau, Kamis (11/6) (ISTIMEWA)

"Salah satu kriteria zona hijau harus berbasis data, pelaksanaan rapid tes dan swab yang sudah dilaksanakan. Untuk itu hari ini kita sudah mulai melakukan pelaksanaan rapid tes dan swab secara masal," tegasnya.

Untuk pelaksanaan swab hari ini juga diikuti oleh sejumlah pejabat tim Gugus tugas Bengkalis. Diantaranya Plh Bupati Bengkalis Bustami HY, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan dan Sekretari Tim Gugus Tugas Tajul Mudaris. Mereka juga ikut diambil sampel swabnya saat meninjau pelaksanaan rapid dan swab di Kecamatan Mandau.(Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved