Dumai

3 Pelaku Penyeludupan Orang Ditangkap di Dumai, Raup Untung Rp 6 Juta dari Tiap Pekerja Migran

Polres Dumai berhasil mengungkap otak pelaku penyeludupan orang jaringan internasional.

Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Kapolres memamparkan pengungkapan pelaku penyelundupan orang, Sabtu (13/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Polres Dumai berhasil mengungkap otak pelaku penyeludupan orang jaringan internasional.

Ada tiga pelaku yang diamankan oleh Pihak kepolisian yang langsung di pimpin AKBP Andri Ananta Yudistira ini.

Ketiga pelaku diduga terlibat dalam masuknya Pekerjaan Migran Indonesia (PMI) non prosedural yang masuk lewat jalur ilegal dari perairan Dumai.

Ketiga pelaku yakni YS (68) diduga sebagai otak pelaku, ZE (37) berperan sebagai penjemput PMI non prosedural ketika sampai ke Dumai dan MB menjemput PMI di Malaysia menggunakan speaboat.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira mengungkapkan, ketiga pria yang diamankan tersebut merupakan satu jaringan kasus dugaan penyeludupan orang jaringan internasional.

"Jadi mereka ini diamankan berdasarkan hasil penyelidikan dan pengembangan polisi saat mengamankan 18 PMI non prosedural beberapa waktu lalu di Sungai Geniot Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan," katanya, Sabtu (13/6/2020).

AKBP Andri menambahkan, motif ketiga pelaku diketahui membawa PMI non prosedural masuk ke Wilayah Indonesia tanpa dokumen yang sah dan mengambil keuntungan sekitar Rp 6 Juta perorangan dari PMI non prosedural.

"YS diketahui merupakan otak pelaku, kenapa disebut otak pelaku, karena YS yang mengatur semuanya," jelasnya.

Dirinya menyebutkan berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui modus operandi para pelaku ketika melakukan penyelundupan PMI non prosedural ini.

Jadi YS memerintahkan kepada MB untuk menjemput PMI non prosedural tersebut dari Malaysia menggunakan speedboat untuk masuk ke wilayah Indonesia jalur perairan Dumai.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved