Pilkada Serentak 2020 di Riau

Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Pelalawan Riau Lantik PPS dan Bawaslu Aktifkan Kembali Panwascam

KPU Pelalawan melakukan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas di 118 desa dan kelurahan.

ISTIMEWA
Pelantikan PPS di Kabupaten Pelalawan, Senin (15/6/2020) menggunakan protokol kesehatan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak kembali dimulai sejak Senin (15/6/2020) sesuai dengan petunjuk dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI), termasuk di Kabupaten Pelalawan.

KPU Pelalawan melakukan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas di 118 desa dan kelurahan. Sebanyak tiga orang PPS yang bertugas di desa dan kelurahan selama Pilkada. Pelantikan digelar di 12 kecamatan yang ada di Pelalawan oleh KPU kabupaten maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Jumlah PPS yang kita Lantik sebanyak 118 desa dan kelurahan dikali tiga orang. Hari ini sudah kita lantikbsemuanya. Karena kemarin sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19," tutur Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardi Wandi kepada Tribun Pekanbaru.com, Senin (15/6/2020).

Bawaslu Kuansing Tak Kuasa Tertibkan Spanduk Bakal Pasangan Calon Saat Wabah Corona, Ini Sebabnya

Bupati Pelalawan, HM Harris Tegaskan Seluruh PNS Harus Netral pada Pilkada Serentak 2020

Wan Kardi menjelaskan, pihaknya melantik PPS yang ada 10 kecamatan di daratan secara langsung, sedangkan khusus untuk Kecamatan Teluk Meranti dan Kuala Kampar dilantik oleh PPK masing-masing mengingat jaraknya yang cukup jauh. PPS akan bertugas sampai Bulan Januari mendatang, satu bulan setelah Pilkada yang jatuh pada 9 Desember mendatang dan diberikan honor selama bertugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selain itu, kata Wan Kardi, PPK di 12 kecamatan yang sebelumnya dinonaktifkan karena pandemi Covid-19 telah diaktifkan kembali dan bekerja sesuai dengan tahapan Pilkada. Usai pengukuhan PPS, penyelenggara pemilu akan melakukan pemutakhiran data pemilih pada Juli mendatang.

"Kita mengikuti tahapan berdasarkan PKPU yang baru dari pusat," tandas Wan Kardi.

Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan, Mubrur S.Pi, menyebutkan pihaknya juga mulai mengaktifkan organisasinya termasuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Sebelumnya Panwascam sempat dirumahkan setelah tahapan Pilkada ditunda KPU lantaran pagebluk Corona.

"Kita sudah mulai mengawasi tahapan hari ini yakni pelantikan PPS. Semua sudah mulai kita aktifkan," tandas Mubrur. (Tribupekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved