Breaking News:

Gawat, Nissan Motor Indonesia Putuskan Menutup Pabriknya di Indonesia

Perusahaan otomotif raksasa, Nissan Motor Indonesia memutuskan untuk menutup pabrik mereka di Indonesia.

Editor: Ilham Yafiz
Dokumentasi Tribunpekanbaru / Hendrigusmulyadi
Ilustrasi unit Nissan Terra 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Perusahaan otomotif raksasa, Nissan Motor Indonesia memutuskan untuk menutup pabrik mereka di Indonesia.

keputusan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tersebut mereka sebut bukan karena terdampak Covid-19, melainkan merupakan bagian dari rencana global transformsi Nissan.\

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi, mengungkapkan hal tersebut terkait keputusan besar untuk menutup pabrik di Indonesia tersebut.

Kendati demikian, Nissan memastikan akan tetap menjalankan bisnis di Indonesia, termasuk memberikan layanan purna jual bagi para konsumen.

"Poin pertama yang ingin saya sampaikan soal banyak pertanyaan atau anggapan bila Nissan akan keluar dari Indonesia, jadi saya tegas dengan jelas meski Nissan setop produksi tapi kami tetap komitmen tak akan keluar dari Indonesia," kata Sekiguchi dalam wawancara eksklusif dengan Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Sebagai butkinya, Sekiguchi juga menjelaskan bilan Nissan sudah menyiapkan beberapa produk terbaru yang siap dilucurkan ke Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Mulai Nissan Kicks e-Power, Nissan Leaf, serta model baru yang masih dirahasiakan.

Tak hanya soal produk, merek asal Jepang ini juga memastikan bila seluruh layanan purna jualnya akan tetap berjalan normal. Mulai dari ketersediaan suku cadang, layanan perawatan bagi konsumen, sampai layanan lainnya.

"Kami juga akan tetap komitmen untuk memberikan pelayanan bagi lebih dari 300 ribu konsumen kami yang ada di Indonesia, baik dari sisi penjualan, purna jual, termasuk suku cadang," ucap Sekiguchi. "Jadi poinnya, Nissan tidak akan keluar dari Indonesia, tapi justru kami akan menghadirkan lebih banyak model Nissan lainnya dan tetap komitmen memberikan pelayanan bagi konsumen," kata dia.

Sekiguchi juga menjelaskan bila Nissan akan meningkatkan jalinan kerja sama dengan salah satu aliansinya di Indonesia, yakni Mitsubishi. Kerjasa sama yang dimaksud soal rencana kolaborasi strategis untuk pembahasan produksi lokal di masa mendatang.

Untuk Indonesia, Nissan memiliki dua pabrik yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Satu pabrik digunakan untuk memproduksi mobil Nissan, dan lainnya dijadikan markas untuk produksi Datsun, layaknya Go, Go+, dan Cross. Namun pada awal 2019, pabrik yang memproduksi Nissan Livina terpaksa ditutup sebagai rencana jangka panjang perseroan dalam efisiensi.

Aktivitas produksi dialihkan ke pabrik Mitsubishi yang merupakan aliansinya di Greenland International Industrial Center (GIIC), Bekasi, Jawa Barat. Kemudian pada Januari 2020, Nissan juga memutuskan untuk menghentikan laju produksi mobil Datsun. Selepas periode itu, Datsun hanya akan berjualan sisa stok yang ada di diler.

( Tribunpekanbaru.com )

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Tutup Pabrik, Nissan Pastikan Enggan Lari dari Indonesia", 
Penulis : Stanly Ravel
Editor : Agung Kurniawan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved