Breaking News:

Fantastis, Pemerintah Tambah Alokasi Anggaran Penanggulangan Covid-19, Jumlahnya Rp 695,20 Triliun

Pemerintah menaikkan anggaran penanganan Virus Corona, Covid-19 dengan jumlah yang fantastis mencapai Rp 695,20 Triliun.

Editor: Ilham Yafiz
Dokumentasi TRIBUNNEWSBOGOR.COM / LINGGA ARVIAN NUGROHO
Presiden Joko Widodo ke Kantor Pos Bogor untuk meninjau penyaluran bantuan sosial tunai, Rabu (13/5/2020) silam 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah menaikkan anggaran penanganan Virus Corona, Covid-19 dengan jumlah yang fantastis mencapai Rp 695,20 Triliun.

Alokasi anggaran ini naik Rp 18 Triliun dari anlokasi sebelumnya Rp 677,2 Triliun.

Lantas untuk pos anggaran apa saja alokasi ratusan triliun tersebut?

Jika diteliti, ada dua pos belanja yang mengalami penambahan anggaran, yaitu pembiayaan korporasi, serta bantuan terhadap sektoral Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda).

"Alokasi dana ini akan digunakan oleh pemerintah untuk memulihkan atau mengurangi dampak negatif dari wabah Covid-19," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di dalam konferensi pers daring, Selasa (16/6/2020).

Secara lebih rinci, postur biaya untuk sektoral K/L dan Pemda mengalami peningkatan dari sebelumnya Rp 97,11 triliun menjadi Rp 106,11 triliun.

Sri menjelaskan, saat ini pihaknya akan lebih fokus kepada Pemda dan K/L untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu, Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti menyebutkan penambahan dana ini diberikan untuk pinjaman kepada daerah, cadangan, dan hibah.

Pertama, untuk pinjaman kepada daerah. Apabila awalnya pemerintah hanya mengalokasikan dana sekitar Rp 1 triliun, maka saat ini akan ditingkatkan lagi menjadi sekitar Rp 5 triliun melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

"Mungkin kami juga masih akan stand by-kan juga yang lainnya sekitar Rp 5 triliun sampai Rp 10 triliun," papar Prima.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved