Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Lanal Dumai Musnahkan 500 Slop Rokok & Miras Ilegal, Hasil Tegahan Posal Selat Panjang

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC memimpin pemusnahan ‎barang ilegal hasil tegahan Posal Selatpanjang.

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC memimpin pemusnahan ‎barang ilegal hasil tegahan Posal Selatpanjang. 

Pemusnahan Barang ilegal hasil tegahan Posal Selatpanjang,  tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar selanjutnya ditimbun di Mako Lanal Dumai, pada Senin (22/6/2020). 

Pada kegiatan Pemusnahan tersebut, terlihat hadir Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira, Kepala Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi, dan perwakilan Kejari Dumai, serta Asisten 3 Setdako Dumai, Khairil Adli.

Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC mengungkapkan, barang ilegal hasil tegahan Posal Selatpanjang, yang dimusnahkan di Mako Lanal ini  berupa 30 botol Miras dan 500 slop rokok ilegal tanpa cukai.

"Barang barang ilegal hasil tegahan Posal Selatpanjang ini kita musnahkan dengan cara kita bakar dan selanjutnya dilakukan penimbunan agar tidak disalah gunakan," katanya. 

Kolonel Laut (P) Himawan‎ menjelaskan kronologis penangkapan barang ilegal ini terjadi, pada Sabtu (22/2/2020) lalu  sekitar Pukul 11.00 WIB.

Dimana Pos Angkatan Laut (posal) Selatpanjang Jajaran Lanal Dumai telah mengamankan sebanyak 9 koper berisi sekitar 500 slop rokok merek luffman non cukai.

‎Ia menambahkan, sebanyak 3 kotak sekitar 30 botol miras ilegal jenis cointreau dan red lable asal Batam, di Pelabuhan Tanjung Harapan Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Lebihlanjutdijelaskanya, barang ilegal tersebut diamankan anggota Posal Selatpanjang pada saat melaksanakan kegiatan pengamanan di Pelabuhan Penumpang Tanjung Harapan Selatpanjang, kemudian menemukan sebanyak  6 koper yang dicurigai berisi barang ilegal ditaruh di Ponton Pelabuhan. 

"Sedangkan  3 ( koper lainnya ditemukan di atas kapal Ferry penumpang MV. Batam Jet 3 yang sedang sandar menurunkan dan menaikkan penumpang tujuan Batam-Selatpanjang-Dumai," sebutnya.

Dijelaskanya, setelah dilaksanakan pengecekan terkait pemilik dan isi koper tersebut, ditemukan koper-koper tersebut berisi rokok non cukai dan miras ilegal tanpa pemilik. 

Kemudian barang ilegal tersebut kata Danlanal Dumai, dibawa ke Posal Selatpanjang, untuk selanjutnya dibawa ke Lanal Dumai untuk proses lebih lanjut.

"Setelah melalui beberapa proses, dan berdasarkan telegram Panglima Koarmada I No. 17.509/ARMA I/0620 TWU. 0608.1945, Lanal Dumai disetujui untuk melaksanakan pemusnahan barang bukti yang diamankan oleh Posal Selatpanjang Lanal Dumai berupa 30 botol Miras dan 500 slop rokok ilegal tersebut," terangnya.

Kolonel Laut (P) Himawan mengaku, bahwa   Lanal Dumai beserta jajaran Posal akan terus melakukan patroli keamanan laut guna mencegah terjadinya penyelundupan barang-barang ilegal, narkoba, TKI dan lainnya yang masuk melalui jalur laut ke wilayah kerja Lanal Dumai.

"Kita tetap berkomitmen untuk terus melakukan pencegaan penyelundupan barang-barang ilegal yang bisa merugikan negara," pungkasnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved