Berita Riau

Harga TBS Sawit Riau Kembali Naik untuk Semua Kelompok Umur Pekan Ini

Kenaikan tertinggi periode 24-30 Juni 2020 dialami kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 28,23 per kilogramnya.

Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harga Tanda Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Riau dalam beberapa pekan ini terus mengalami kenaikan di semua kelompok umur.

Kenaikan tertinggi periode 24-30 Juni 2020 dialami kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 28,23 per kilogramnya.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi mengatakan, kenaikan harga TBS untuk kelompok umur 10-20 tahun itu mencapai sekitar 1,83 persen dari pekan lalu.

"Atas kenaikan itu harga TBS periode ini menjadi Rp 1.571,37 per Kilogram (Kg). Naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal," ujar Defris Hatmaja kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (23/6/2020).

Simpan Kain Kafan dan Tanah Kuburan,Kakek 2 Anak yang Dibunuh Ayah Tiri Duga Pelaku Punya Ilmu Hitam

Pasangan Kekasih Bejat, Buang Bayi Hasil Hubungan Gelap Mereka, Bayi Diletakkan di Prambanan

Katalog Promo dan Diskon Indomaret, Alfamart Minggu Ini, Ragam Produk Susu Hingga Bonus Pulsa XL

Faktor internal naiknya harga TBS periode ini jelas Defris, disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data.

"Tercatat rata-rata kenaikan harga jual CPO mencapai Rp 105,04 per Kg dan rata-rata kenaikan harga jual kernel mencapai Rp 141,00 per Kg," ucapnya.

Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp 119,06 per Kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 90,00 per Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 89,00 per Kg.

Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 76,13 per Kg, dan PT. Musim Mas mengalami kenaikan sebesar Rp 151,00 per Kg dari harga minggu lalu.

"Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp 127,27 per Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 29,00 per Kg dari harga minggu lalu," ungkapnya.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi
Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi (istimewa)

Sementara dari faktor eksternal tambah Defris, kenaikan harga TBS periode ini mengikuti kenaikan harga minyak mentah dunia.

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved