Pelalawan

Kawanan Gajah Liar Masuk ke Perkampungan di Pelalawan, BKSDA Riau : Memang Jalur Perlintasan Satwa

Tapi memang daerah itu jalur perlintasannya. Itu musiman sifatnya. Jadi cukup dihalau saja agar masuk kembali ke hutan

Istimewa
Kawanan gajah yang muncul di Desa Sotol Kecamayan Langgam Kabupaten Pelalawan. Tim BKSDA turun ke lokasi untuk melakukan mitigasi, Rabu (24/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Informasi terkait kawanan gajah liar yang muncul di Desa Sotol Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan telah diterima Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Rabu (24/6/2020).

Kepala Bidang Wilayah l BKSDA Riau, Andri Hansen Siregar, membenarkan laporan terkait kawanan gajah liar yang mendekati perkebunan dan perkampungan di Desa Sotol Kecamatan Langgam.

Pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi dan berkoordinasi dengan perangkat desa, Babinsa, dan bhabinkamtibmas setempat. Tim yang dikirimkan telah berangkat pada Rabu (24/6/2020) pagi ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kawanan Gajah Liar Dekati Kampung di Pelalawan Riau, Takut Kebun Dirusak Warga Berjaga-jaga

"Hari ini tim sudah ke lapangan dan nanti dilaporkan progresnya. Kita masih menunggu dari lokasi," tandas Andri Hansen.

Ia menyebutkan, tim akan melakukan mitigasi terlebih dahulu terhadap laporan rombongan satwa yang keluar dari hutan ini. Kemudian diupayakan melakukan penghalauan untuk menggiring jawaban mamalia besar itu untuk kembali ke hutan. Sehingga masyarakat tidak merasa resah kebunnya akan dirusak oleh gajah-gajah itu

"Tapi memang daerah itu jalur perlintasannya. Itu musiman sifatnya. Jadi cukup dihalau saja agar masuk kembali ke hutan," tandas Hansen.

Gajah Liar di Kelayang Inhu Berhasil Digiring Kembali ke Habitatnya di TNTN

Kepala Desa Sotol, Eka Candra, membenarkan jika munculnya kawanan gajah itu memang musiman. Setiap tahun rombongan hewan bertubuh bongsor itu pasti keluar dari hutan dan mendatangi perkebunan.

"Tahun-tahun sebelumnya gajah itu pasti merusak kebun warga," tandasnya. (Tribunpekanbaru com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved