Berita Riau

Tiga Nelayan Malaysia yang Curi Ikan di Perairan Muntai Divonis Bebas di PN Bengkalis Riau

Vonis bebas yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis sangat jauh dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU)

istimewa
Tiga Warga Negara Malaysia yang ditangkap sedang mencuri ikan di Perairan Muntai, divonis bebas Majelis Hakim PN Bengkalis Riau, Selasa (23/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Tiga nelayan asal Malaysia yang diamankan Satpolair Polres Bengkalis Riau medio April lalu akhirnya divonis bebas.

Vonis bebas yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis sangat jauh dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bengkalis.

JPU menuntut hukuman penjara tiga tahun dan denda Rp 200 juta.

Tiga nelayan Malaysia yang divonis bebas tersebut adalah Heng Wah Wat (49) merupakan nakhoda kapal, Tan Chong Pin (61) dan Pua Sin Kue (56).

Anak Gadis Dibawa Lari Pria Beristri, Ibu Histeris Menangis Kejar Mobil yang Melaju

Kesadaran Pembeli Lebih Tinggi, Pedagang di Pasar Modern Kuansing Riau Masih Minim Pakai Masker

Kakek Sugiono Indonesia, Dikelilingi Cewek-cewek Seksi, Punya Istri Sah 3 Pantang Dekati Istri Orang

Mereka berindentitas tinggal di daerah Johor Malaysia.

Dalam vonis majelis hakim yang dibacakan Selasa (23/6/2020) sore, ketua majelis hakim Rudi Ananta Wijaya mengatakan ketiga WNA asal Malaysia ini tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian ikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Vonis bebas ini dijatuhi majelis hakim dengan berbagai pertimbangan.

Di antaranya dari fakta persidangan menurut majelis berdasarkan dari keterangan saksi ahli, terdakwa tidak melanggar daerah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) sebagaimana dalam dakwaan tunggal yang dituduhkan.

Sidang putusan tersebut dilaksanakan secara daring dihadiri oleh JPU dan Terdakwa bersama kuasa hukumnya di tempat terpisah.

JPU menghadiri sidang daring ini di Kantor Kejaksaan Negeri Bengkalis, sementara terdakwa dan kuasa hukumnya menyaksikan sidang dari Lapas Kelas II A Bengkalis.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved