Berita Riau

Empat Sungai Besar di Riau Mulai Dangkal, Gubernur Riau Syamsuar Mengadu ke Kementrian PUPR

Oleh sebab itu, karena penanganan 4 sungai besar ini menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, kami berharap ada perhatian

Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Empat Sungai Besar di Riau Mulai Dangkal, Gubernur Riau Syamsuar Mengadu ke Kementrian PUPR. Foto: Sungai Siak yang membelah dua Kota Pekanbaru yang bermuara ke Pantai Timur Sumatera. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau berharap ada perhatian serius terhadap penanganan sungai di Riau. Terutama untuk sungai-sungai besar.

Di Riau setidaknya ada empat sungai besar. Yakni Sungai Rokan, Sungai Siak, Sungai Kampar dan Sungai Indragiri.

Saat ini sejumlah sungai di Riau kondisinya semakin dangkal, yang disebabkan akibat terjadinya longsor.

Bahkan sampai ada yang merusak jalan. Baik jalan provinsi maupun kabupaten.

"Oleh sebab itu, karena penanganan 4 sungai besar ini menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, kami berharap ada perhatian yang serius dari pemerintah pusat," kata Gubri Syamsuar saat melakukan koordinasi dengan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Gubri datang bersama anggota Komisi V DPR RI dapil Riau Syahrul Aidi Maazat dan Kadis PUPR Pemprov Riau M Taufiq OH serta Kaban Penghubung Provinsi Riau Erisman Yahya.

Sementara Dirjen SDA didampingi sejumlah pejabat setingkat direktur di lingkungan Ditjen SDA.

Pada pertemuan tersebut, Gubri juga menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III dan V yang menangani 4 sungai.

Hanya khusus dengan BWSS V karena keberadaannya di Sumbar, kadang komunikasi dan koordinasi belum berjalan seperti yang diharapkan.

"Padahal Sungai Indragiri ada di bawah kewenangan BWSS V," sebut Gubri.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved