Gubri Syamsuar Usul ke DKR Bentuk Komisi Perfilman di Riau

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan membentuk Komisi Perfilman daerah Riau.

unsplash @sammcghee
Ilustrasi kamera, produksi film. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan membentuk Komisi Perfilman daerah Riau.

Ia meminta agar wacana tersebut segara ditindaklanjuti oleh Dewan Kesenian Riau (DKR).

Gubri berharap dengan terbentuknya komisi perfilman ini bisa mengangkat seni dan budaya melayu Provinsi Riau agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Saya rasa Riau ini punya potensi kaum perfilman, dengan potensi itu bagaimana supaya Riau ini ada komisi film daerah Riau," kata Gubri Syamsuar, Minggu (28/6/2020).

Sebab menurut dia, lembaga perfilman daerahlah yang punya peran penting agar orang perfilman ikut berperan dalam film daerah di Riau.

"Kami selaku pemerintah daerah tak akan bisa masuk kalau tidak ada lembaga perfilman di Riau," kata Syamsuar.

Sebelumnya, ia mengungkapkan bahwa pihaknya telah melahirkan komisi perfilman di daerah Siak agar perfilman bisa masuk ke Siak.

Yang mana saat pertemuan dengan insan perfileman ternyata banyak insan perfilman berasal dari Riau yang berhidmad di daerah lain.

"Dengan adanya komisi perfilman di Riau tidak hanya dari daerah Riau aja yang ikut berhidmat tetapi juga bisa dari negara tetangga seperti Malaysia karena ada lembaga yang memfasilitasi," katanya.

Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 50 Ribu Orang lebih, Hari Ini Bertambah 1.178 Kasus Baru

Daftar 10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbanyak, AS Juara, Malaysia Tak Masuk Daftar, Indonesia?

UPDATE Daftar Harga Sepeda MTB Lengkap Merek Pacific, United, hingga Polygon, Mulai Rp 1 Jutaan

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen saat membuka Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) Dewan Kesenian Riau (DKR) yang berlangsung di Aula Dewan Kesenian Riau (DKR), Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji, Minggu (28/06/2020) menekankan soal pentingnya mempertahankan serta meningkatkan kesenian budaya Melayu Riau.

"Untuk membangkitkan kesenian dan kebudayaan Riau tentunya banyak hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan budaya Melayu ini," katanya.

Yoserizal mengungkapkan, dibutuhkan kerjasama untuk meningkatkan budaya Melayu Riau terkait cagar budaya, warisan budaya, dan pementasan kesenian budaya.

"Sesuai arahan Gubernur Riau jika ingin Melayu Riau sebagai pemangku kesenian budaya Melayu, banyak hal yang perlu dibenahi untuk itu mencapai semua itu dibutuhkan ide kreatif agar budaya tidak hilang di bumi Melayu ini," katanya.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono )

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved