Berbagai Kegiatan Virtual Digelar Sempena HUT Pekanbaru Ke-236

Ulang tahun Kota Pekanbaru ke-236 ini jatuh pada masa pandemi Covid-19. Keadaan ini tidak memungkinkan perayaan dilakukan dengan kerumunan orang.

istimewa
Kegiatan Online Semarakkan HUT PEKANBARU 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ulang tahun Kota Pekanbaru ke-236 ini jatuh pada masa pandemi Covid-19. Keadaan ini tidak memungkinkan perayaan dilakukan dengan kerumunan orang.

Namun tidak menyurutkan sebagian kelompok masyarakat untuk memeriahannya.

Seperti DPD Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Provinsi Riau berkolaborasi menggelar "Bazaar Kuliner Online". Ketua DPD PPJI Riau, Alfa Frisa Septania menyebutkan, Bazar virtual ini berlangsung dari 28 Juni hingga 12 Juli 2020.

Kegiatan yang juga disebut dengan Bakul Online ini mengajak pelaku UMKM untuk bergabung.

Nonie, sapaan akrabnya, menjelaskan, pengusaha kuliner di Kota Pekanbaru berjualan di satu lokasi dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjamin kebersihan produk.

Jual beli akan dilakukan secara daring melalui platform aplikasi Gofood. Setali tiga uang, kata dia, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menguatkan pengusaha kuliner untuk tetap bertahan di tengah pandemi.

"Kita dituntut untuk terus berfikir positif dan mampu berinovasi. Terus berusaha menstabilkan dan bahkan meningkatkan ekonomi kawan-kawan seperjuangan," ujar Nonie, Sabtu (27/6/2020).

Nangis & Sujud Depan Dokter, Walikota Risma: Tolonglah Kami Jangan Disalahkan Terus

Harga Seli Noris 2, Update Harga Sepeda Lipat Pacific Veloce

Ini 57 Daerah Zona Merah Covid-19, Jokowi Minta Gugus Tugas Prioritaskan

Menurut Nonie, hari jadi Kota Pekanbaru di tengah pandemi menjadi momen bagi pelaku usaha untuk kreatif. Maka bukan hanya ‎bazar online.

Berbagai kegiatan virtual juga telah, sedang dan akan digelar dengan kolaborasi sejumlah pihak. Pada 22 Juni lalu telah digelar webinar.

Lainnya ada Food Court Anti Covid-19, Stage Live IG Tematik by Sponsor, Webinar Pertamina tentang permodalan di masa Covid, Webinar dari ASPEDI Riau tentang bisnis dekorasi di tengah pandemi,

mini studio webinar foto produk kuliner FKP Riau, lomba masak virtual PPJI ke-2, Kelas masak virtual anak membuat pizza, lelang produk virtual RMR, lomba merchant terkeren dan video bareng.

"Kegiatan-kegiatan bisa dinikmati hanya dengan di rumah saja," ungkap Nonie. Ia menuturkan, beragam kegiatan tersebut untuk menumbuhkan semangat pelaku bisnis ekonomi kreatif di tengah menurunnya pendapatan, bahkan zero income.

Nonie berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak agar kegiatan berjalan lancar dan bermanfaat. Ia menyebutkan, kegiatan tersebut terselenggara atas dukungan dari BPJS Ketenagakerjaan, Pegadaian, Gojek dan Pertamina.

( Tribunpekanbaru.com / Fernando Sihombing )

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved