Breaking News:

New Normal di Riau

Cagar Budaya Dibuka Kembali, Jemaah Thariqat Gelar Gotong Royong di Komplek Makam Raja Indragiri

Dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) membuat sejumlah cagar budaya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terpaksa ditutup selama beberapa bulan

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: Ilham Yafiz
TRIBUN PEKANBARU / BYNTON SIMANUNGKALIT
Jemaah TNAJ Inhu melakukan aksi gotong royong sekaligus berziarah di makam panjang yang merupakan salah satu makam di komplek makam Raja-raja Indragiri, Desa Kotalama, Kecamatan Rengat Barat, Inhu, Sabtu (28/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) membuat sejumlah cagar budaya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terpaksa ditutup selama beberapa bulan belakangan.

Namun sesuai dengan surat edaran dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat nomor 0561/F7.8/HK/2020 pada tanggal 24 Juni 2020 disampaikan bahwa bahwa situs cagar budaya sudah dapat dibuka dan dikunjungi oleh publik dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Masyarakat Kabupaten Inhu menyambut dengan antusias pembukaan kembali cagar budaya tersebut, misalnya saja masyarakat yang terhimpun dalam Jemaah Thariqat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah (TNAJ) Inhu.

Setelah pembukaan tersebut, Jemaah TNAJ Inhu melakukan sejumlah kegiatan bersama di situs Komplek Makam Raja-raja Indragiri, pada Minggu (28/6/2020) kemarin.

Ketua Dewan Mursyidin TNAJ Kabupaten Inhu-Inhil, SM Muhammad Abdul Malik mengatakan setidaknya ada 50 orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Adapun kegiatan yang kami lakukan, yakni berziarah kubur ke makam raja dan para syech, membersihkan lokasi areal makam, dan membersihkan musholla di dalam lokasi makam serta zikir bersama di musholla tersebut," ujarnya, Senin (29/6/2020).

Ia mengatakan kegiatan gotong royong sebagai wujud rasa syukur pada leluhur yang sebelumnya telah berjasa mengajarkan agama di negeri ini.

Terlebih lagi, Mursyid TNAJ DR Syech Muhammad Nur Ali membangun majelis zikir di beberapa kecamatan di Kabupaten Inhu, termasuk di Desa Kotalama, Kecamatan Rengat Barat, Inhu yang berada di sekitar kawasan Komplek Makam Raja Raja Indragiri.

VIDEO: Detik-detik Harimau Sumatera Masuk Perangkap lagi di Solok Sumatera Barat

Anak Buah John Kei yang Buron Seminggu Tiba-tiba Telepon Polisi, Minta Ditangkap

Selama Juni, Harga Karet di Kuansing Riau Naik Lebih Dari Rp 400

Sementara itu, Saharan, juru pelihara cagar budaya di Kabupaten Inhu mengatakan bahwa Jemaah TNAJ Inhu merupakan pengunjung resmi yang pertama melakukan kegiatan di Komplek Makam Raja-raja Indragiri setelah pembukaan kembali di masa pandemi Covid-19 ini.

Namun sesuai dengan surat edaran tersebut, pengunjung cagar budaya tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved