Pelalawan

Lahan Gambut Terbakar di Desa Merbau Pelalawan, Tim Gabungan dan Helikopter WB Langsung Diturunkan

Memasuki musim kemarau Bulan Juni ini, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai muncul di Kabupaten Pelalawan Riau pada Minggu

Istimewa
Karhutla yang terjadi di Desa Merbau Kecamatan Bunut berbatasan dengan Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan pasa Minggu (28/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Memasuki musim kemarau Bulan Juni ini, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai muncul di Kabupaten Pelalawan Riau pada Minggu (28/6/2020) sore lalu.

Karhutla terdeteksi di Desa Merbau Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan yang membakar lahan kosong dan semak belukar.

Dari foto-foto yang beredar di media sosial, asal tebal membumbung tinggi dari lahan yang telah terbakar. Areal yang telah dilalap api tampak cukup luas dari asap yang muncul di lokasi terbuka.

Petugas gabungan melakukan pemadaman Karhutla dibantu dengan helikopter untuk melakukan Water Bombing (WB).

"Lokasinya di perbatasan Desa Merbau dan Desa Pangkalan Tetap. Namun lebih condong ke Pangkalan Tetap," tutur Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (29/6/2020).

Hadi Penandio menjelaskan, areal yang terbakar merupakan lahan gambut di daerah perbatasan. Api muncul pada Minggu (28/6/2020) siang sekitar pukul 11.00 wib.

Untuk data rincian luasan maupun sumber api, pihaknya belum mendapatkan informasi dari tim yang bertugas di lapangan.

Puluhan personil gabungan tim darat dari TNI, polri, BPBD, Regu Pemadaman (Regdam) Disbunak, Manggala Agni.

Satpol PP dan Damkar, dan Tim RPK PT Arara Abadi. Selain itu operasi pemadaman juga didukung dari udara dengan satu unit helikopter yang melakukan Water Bombing (WB) atau bom air dari udara.

"Hari ini tim kembali melakukan operasi pemadaman. Semua personil dari berbagai instansi difokuskan ke sana sekarang," tandas Hadi Penandio. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved