Video Berita

VIDEO: Rokan Hulu Masuk Peringakat 5 Kabupaten Terbaik Penanganan Covid-19 Secara Nasional

Penilaian itu dihimpun dari data yang diaksea melalui Sistem Informasi Terintegrasi dengan Tagar #BersatuMelawanCovid19' yang membuat seluruh data

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Kabar baik bagi Negeri Seribu Suluk menggema di Istana Negara pada Rabu (24/6).

Pemkab Rokan Hulu berada di peringkat kelima nasional dengan insiden kasus terendah dan 38 Kepala Daerah yang berhasil menekan angka kasus covid-19 di daerahnya secara nasional.

Menariknya, pengumuman terkait kabar baik itu dibacakan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat siaran pers berlangsung sambil didampingi ahli kebijakan kesehatan.

Dalam keterangan pers yang dibacakan langsung secara nasional, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan pemimpin daerah dalam menanggulangi covid-19 yang meninggal di daerah masing-masing.

Penilaian itu dihimpun dari data yang diaksea melalui Sistem Informasi Terintegrasi dengan Tagar #BersatuMelawanCovid19' yang membuat seluruh data berhubungan dengan penanggulangan pandemi tergabung secara nasional.

"Dengan Sistem Informasi Terintegrasi dan tagar #BersatuMelawanCovid19, kita dapat memantau perkembangan setiap daerah. Apakah mengalami perubahan status baik meninggi atau menurun," kata Jokowi.

Bukan tanpa alasan, analisis dan penelitian dilaksanakan oleh pada ahli dalam rangka penerapan kebijakan dan kemajuan suatu program berdasadkan daya dihimpun dan dianalisa dari tingkat paling bawah.

Jokowi menegaskan, bahwa kebijakan harus selalu berdasarkan data dan pendapat ahli ilmu pengetahuan untuk memperkuat informasi yang dipublikasikan.

Terpisah, Ahli Kebijakan Kesehatan Prof DRh Wiku Bakti Bawono Adisasmito M.Sc Phd memaparkan hasil kajian, bahwa bagian terpenting adalah suatu daerah di Indonesia dapat menekan angka persebaran covid-19 di daerahnya masing-masing.

"Ada 38 daerah di Indonesia, salah satunya di Provinsi Riau. Termasuk di dalamnya Rokan Hulu, Kampar, Inhu, Dumai dan Pelalawan sebagai suatu daerah dengan keberhasilan pemimpin daerah dalam menekan angka covid-19," katanya.

Terpisah, Bupati Rokan Hulu Sukiman ketika dikonfirmasi menyatakan rasa bangga atas predikat yang dibacakan oleh orang nomor satu se Indonesia tersebut.

"Pemkab Rokan Hulu berterimakasih kepada semua pihak. Mulai dari Forkopimda, OPD, Polri dan TNI, Camat hingga Kadea dan berbagai elemen lainnya yang telah berpartisipasi dalam memberikan informasi mengenai pentingnya memutus mata rantai persebaran covid-19 di Rokan Hulu," kata Sukiman.

Dia berharap, semoga kerja keras tersebut berbuah hasil yang baik di masa mendatang dengan status Rokan Hulu yang masih hijau sampai saat ini.

"Mudah-mudahan, apa yang sudah diusahakan selama ini, segala kerja keras, keseriusan, kepedulian dan bantuan yang diberikan menjadi keberhasilan bagi kita bersama di Rokan Hulu," tandasnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved