Tinggal Nunggu Waktu Pecahnya Perang China-Taiwan, Pesawat Pembom Negeri Kungfu Mulai Mondar-mandir

China mengklaim Taiwan merupakan bagian dari China dan Beijing mengancam negara di seluruh dunia mengakui dan bekerja sama dengan Taiwan

Kementerian Pertahanan Taiwan via Reuter
Pesawat pembom H-6 Angkatan Udara China PLA terbang dekat Pesawat Tempur F-16 Taiwan pada foto selebaran 10 Februari 2020 ini yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan. Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan para pejuang J-11 Ti 

TRIBUNPEKANBARU.COM - China - Taiwan makin memanas.

China tidak pernah mengakui kemerdekaan Taiwan sejak negara itu berdiri. Taiwan didirikan oleh kaum nasionalis yang kalah dari kaum komunis dalam revolusi  China

Bahkan China mengklaim Taiwan merupakan bagian dari China dan Beijing mengancam negara di seluruh dunia mengakui dan bekerja sama dengan Taiwan.

Ancaman China juga tidak main-main. Seiring perkuatan militer di Laut China Selatan , pesawat-pesawat militer China juga terus melakukan penerbangan dekat Taiwan

Pertikaian dengan China yang semakin memanas dengan Taiwan menimbulkan pertanyaan di benak banyak pihak.

Yakni, apakah Amerika benar-benar akan membantu Taiwan jika pulau itu diserang. Seorang mantan pejabat keamanan senior Taiwan memperingatkan agar negara itu waspada dan jangan terlalu banyak berharap.

Dalam insiden terakhir, menurut kementerian pertahanan Jepang, dua pesawat pembom PLA Xian H-6 secara singkat mendekati zona identifikasi pertahanan udara Taiwan dari timur pada hari Minggu setelah terbang dari Laut Cina Timur melalui Selat Miyako antara pulau-pulau Jepang Okinawa dan Miyakojima.

Dengan demikian, itu adalah serangan ke 10 oleh pesawat tempur PLA pada bulan lalu dan merupakan serangan yang ke-16 tahun ini. 

Parade militer China. China menempatkan 10.000 pasukannya di perbatasan India.
Parade militer China. China menempatkan 10.000 pasukannya di perbatasan India. (defensnews/AFP)

Mengutip South China Morning Post, para pengamat mengatakan keberadaan pesawat China itu dimaksudkan untuk berlatih dan siap menyerang di masa depan. Langkah ini juga mengirim peringatan kepada AS agar tidak mendukung pulau itu.

Menanggapi serangan PLA baru-baru ini, AS juga telah mengirim banyak pesawat tempur, sebagian besar pesawat pengintai melalui wilayah udara Taiwan, termasuk enam pesawat pada hari Senin.

Halaman
1234
Editor: Hendri Gusmulyadi
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved