Breaking News:

Pelalawan

PT Arara Abadi Laporkan Karhutla di Desa Merbau ke Polres Pelalawan, Polisi Lakukan Pulbaket

Pihaknya ingin kebakaran yang terjadi diusut polisi sampai tuntas. Saksi-saksi dari pihaknya bersedia dimintai keterangan dalam proses hukum nanti

Istimewa
Tim gabungan yang dipimpin Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK dan Kepala Satpol PP Damkar Pelalawan melakukan pendinginan di lokasi Karhutla Desa Merbau Kecamatan Bunut, Senin (29/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Merbau Kecamatan Bunut telah tuntas ditangani tim gabungan dari berbagai instansi dan tinggal pendinginan areal bekas terbakar, Rabu (1/8/2020).

Karhutla yang sempat menjadi pusat perhatian itu terletak di perbatasan Desa Merbau Kecamatan Bunut dengan Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti.

Sempat beredar kabar jika lahan yang dilalap api itu diduga lahan konsesi PT Arara Abadi. Pemadaman melibatkan seratusan personil gabungan dan dua unit helikopter water Bombing.

"Kita sudah melaporkan Karhutla ini ke Polsek setempat dan Polres Pelalawan. Untuk mencari penyebabnya," terang Humas Sinarmas Group, Nurul Huda, kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (1/7/2020).

Sempat Berhasil Dipadamkan, Karhutla di Tanjung Putus Pelalawan Kembali Menyala

Hari Ini Titik Api Riau Bertambah, Selain di Pelalawan, Karhutla Juga Terjadi di Kawasan Dumai

Pihaknya ingin kebakaran yang terjadi diusut polisi sampai tuntas. Saksi-saksi dari pihaknya juga bersedia dimintai keterangan dalam proses hukum nanti. Perusahaan mempercayakan kepada penegak hukum atas Karhutla yang terjadi.

Nurul Huda menerangkan, awalnya api muncul di perbatasan lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi. Kemudian merembet membakar areal tanaman kehidupan yang kelola secara bekerjasama antara masyarakat tempatan bersama perusahaan yang berafiliasi dengan Sinar Mas.

Api sempat mengancam kebun HTI perusahaan, untung saja tim gabungan bergerak cepat melakukan pemadaman hingga api berhasil dijinakan.

Seratusan personil pendam gabungan instansi dibantu dengan alat berat serta didukung helikopter water bombing. Tim masih terus mengupayakan pendinginan agar bara api yang tersisa padam total dan asap tidak muncul lagi.

Kebakaran Hutan di Pelalawan Riau, Empat Helikopter Dikerahkan ke Lokasi Karhutla

Waspada Karhutla, Presiden Jokowi Ingatkan Gubernur, Pangdam, Kapolda

Kapolres Pelalawan, AKBP Indra Wijatmiko SIK, menyebutkan pihaknya belum bisa memastikan Karhutla yang terjadi di Desa Merbau di areal HTI PT Arara Abadi atau di luar kawasan. Pengumpulan bahan dan keterangan terus dilakukan untuk mengetahui penyebab terbakarnya lahan gambut tersebut.

"Kita mau Pulbaket dulu kepada karyawan, pekerja, atau masyarakat disitu untuk memastikan penyebabnya," kata Kapolres Indra.

Indra menyatakan, api padam dalam 1x24 jam pemadaman oleh tim gabungan di lokasi. Namun pendinginan akan membutuhkan waktu lebih lama lagi.

Kasat Reskrim Polres Pelalawan, AKP Teddy Ardian SIK membenarkan jika PT Arara Abadi telah melaporkan Karhutla tersebut ke pihaknya. Polres mulai melakukan Pulbaket atas laporan tersebut.
 (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

 
 

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved