Breaking News:

Umumnya Melakukan Ini, Ternyata Kebiasaan Berkendara seperti Itu Salah!

Anda mungkin pernah melakukannya. Besok-besok jangan lakukan lagi ya. Sebab bisa membahayakan

Editor: Budi Rahmat
TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Dampak Drainase Tidak Berfungsi Baik - Pengendara melintasi genangan air yang memenuhi bagian jalan Mohammad Yatim Pekanbaru, Selasa (15/8). Saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik di sekitar kawasan tersebut mengakibatkan air selalu menggenangi bagian jalan saat hujan turun dengan intensitas yang cukup deras. Tribun Pekanbaru/Melvinas Priananda 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Ternyata kebiasaan mengangkat kedua kaki saat berkendara melewati genangan air adalah hal yang salah.

Siapa yang tidak akrab dengan cara mangangkat kedua kaki untuk menghindari cipratan air saat naik sepeda motor melewati air yang tergenang.

Nah, biasanya itu dilakukan jika usai hujan dan jalan tergenang air

Mau tak mau harus dilewati. Nah, agar tidak kena cipratan, biasanya harus mengangkat kedua kaki.

Perilaku mengangkat kaki saat melewati genangan air ini biasa dilakukan pengendara motor sport atau bebek yang tidak memiliki dek bawah. Dengan mengangkat kaki, mereka berharap tidak menjadi basah.

Apakah perilaku mengangkat kaki saat berkendara seperti ini aman untuk dilakukan?

Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Of Road Setyo Suyarko mengatakan, kebiasaan mengangkat kaki saat melewati genangan air berbahaya karena bisa membuat pengendara kehilangan keseimbangan.

“Kaki merupakan anatomi terpenting untuk membuat motor seimbang. Kemudian pada safety riding pun kaki disarankan untuk mengapit tangki untuk motor sport dan paha mengapit jok untuk motor bebek dan skutik,” ucap Setyo kepada Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Setyo mengatakan, mengangkat kaki saat melewati genangan sangat tidak disarankan karena bisa mengurangi kestabilan atau keseimbangan motor. Kemudian jika di dalam genangan ada lubang atau jalan rusak, akan lebih sulit untuk mengendalikan motor.

“Jika di dalam genangan ada lubang, pengendara malah bisa jatuh karena keseimbangannya berkurang. Jika melewati genangan takut basah atau kotor, disarankan untuk memakai jas hujan,” kata Setyo.

Jika tetap berkendara tetapi tidak ingin sepatu basah, jangan pernah melepaskan sepatu atau nyeker. Naik motor tanpa alas kaki malah bisa membuat cedera semakin parah ketika terlibat kecelakaan.(*)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com

Tak Tanggung-tanggung 59 Aplikasi Buatan China Diblokir Pemerintah India, Diantaranya TikTok, Wechat

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved