Breaking News:

Karhutla Riau

Ini 4 Arahan Presiden Jokowi Untuk Pengendalian Karhutla Termasuk di Riau

4 arahan Presiden ini, dibacakan oleh Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Irwansyah, dalam apel kesiapsiagaan

Istimewa
Karhutla yang terjadi di Desa Merbau Kecamatan Bunut berbatasan dengan Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan pasa Minggu (28/6/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo, memberikan setidaknya 4 arahan terkait penanganan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Termasuk untuk di Provinsi Riau, yang notabenenya menjadi salah satu daerah yang rawan terjadi Karhutla.

4 arahan Presiden ini, dibacakan oleh Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Irwansyah, dalam apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla Provinsi Riau tahun 2020, Sabtu (4/7/2020).

Bertempat di halaman Kantor Gubernur Riau di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.

Salah satu instruksi orang nomor satu di tanah air itu kata Pangdam, yaitu soal penegakan hukum yang harus dilakukan tanpa kompromi dan pandang bulu.

Pangdam merincikan, adapun 4 arahan Presiden, pertama, yaitu memprioritaskan pencegahan melalui patroli terpadu dan deteksi dini. Sehingga kondisi harian di lapangan selalu termonitor dan terpantau.

Kedua, khusus kepada Badan Restorasi Gambut (BRG), agar melakukan penataan pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan.

Tujuan dari penataan ekosistem gambut ini tentunya, selain untuk menata lingkungan, juga mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ketiga, harus sesegera mungkin memadamkan jika ada api. Jangan biarkan api itu membesar.

Meski bisa melakukan pemadaman lewat skema water bombing, ini pun tidak mudah jika api kian meluas.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved