Bupati Siak Launching Water Meter Prabayar, Mendapatkan Air Bersih Cukup dengan Membeli Token

Bupati Siak Alfedri melaunching water meter prabayar. Dengan layanan ini, masyarakat cukup isi token untuk mendapatkan air bersih

Tribunpekanbaru.com
Bupati Siak Alfedri mengetes penggunaan kartu langganan SPAM untuk mendapatkan air bersih pada sistem Water Meter Prabayar dan Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar menjelaskan inovasi sistem pembayaran itu, Selasa (7/7/2020) di kampung Rempak, Siak Sri Indrapura. /mayonal putra 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Siak kembali membuat inovasi untuk pembayaran tagihan air minum bagi pelanggan SPAM.

Ke depan, pelanggan SPAM tidak lagi harus antre lagi di loket pembayaran konvensional, namun cukup membeli token di merchant-merchant tertentu atau melalui mobile banking, air bersih akan mengalir di rumah pelanggan.

Inovasi ini disebut water meter prabayar. Bupati Siak Alfedri melaunching inovasi ini, Selasa (7/7/2020) di kampung Rempak, kecamatan Siak.

Bupati Alfedri langsung mengetes penggunaan kartu pelanggan untuk mengalirkan air SPAM. Penggunaan kartu pelanggan itu cukup berhasil dan mendapat pujian Ketua DPRD Siak Azmi.

Menariknya, launching Water Meter Prabayar ini juga disaksikan Kepala BPPW Riau Kementrian PUPR Ichwanul Ihsan dan Forkompinda.

"Sama dengan kita mendapatkan aliran listrik di rumah. Cukup membeli token dan mencocokkan nomornya ke meteran. Water meter prabayar ini juga seperti itu," kata Alfedri saat ditanya Tribun usai melaunching kegiatan itu.

ia menerangkan pelanggan akan menggunakan token atau kartu pelanggan untuk pengoperasian pemakaian air bersih.

Pengubahan ke prabayar ini akan diberlakukan secara bertahap di seluruh kecamatan di kabupaten Siak.

"Water meter prabayar ini merupakan inovasi Dinas PU Tarukim terhadap peningkatan PAD dari retribusi air bersih," kata dia.

Pembelian token atau pengisian kartu langganan dapat dilakukan pada loket pembayaran danerchant tertentu.

Bahkan Dinas PU Tarukim Siak bakal bekerjasama dengan sejumlah bank.

"Nanti didata dan ditentukan oleh UPTD SPAM di kecamatan masing-masing," kata dia.

Keuntungan yang didapat pelanggan, selain mudah dan tidak memakan waktu juga tidak dikenakan biaya beban bulanan.

"Semoga inovasi ini dapat berjalan lancar. Sebab, ini inovasi pertama di Riau dan bisa menjadi percontohan bagi daerah lain," kata dia.

( Tribunpekanbaru.com / mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved