Breaking News:

Menhan Prabowo Diminta Presiden Jokowi Beli Produk Dalam Negeri, Belanja Yang Produk-produk Kita

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disinggung Presiden Joko Widodo terkait belanja anggaran di Kementerian.

Editor: Ilham Yafiz
Dokumentasi Tribunnews
Menhan Prabowo Subianto 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disinggung Presiden Joko Widodo terkait belanja anggaran di Kementerian.

Presiden Jokowi meminta Prabowo untuk mengerem belanja ke luar negeri.

Ia meminta agar Prabowo membelanjakan anggaran Kementerian Pertahanan di dalam negeri saja.

Jokowi juga meminta regulasi yang berkaitan dengan belanja pemerintah dapat disederhanakan sesuai kebutuhan di masa yang membutuhkan upaya luar biasa ini.

"Misalnya di Kemenhan, bisa saja di DI (Dirgantara Indonesia), beli di Pindad, beli di PAL. Yang bayar di sini ya yang, cash, cash, cash. APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), beli produk dalam negeri. Saya kira Pak Menhan juga lebih tahu mengenai ini," Ucap Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo meminta seluruh kementerian dan lembaga agar prioritaskan pembelanjaan untuk produk dalam negeri.

"Saya kira belanja-belanja yang dulu belanja ke luar, direm dulu. Beli, belanja, yang produk-produk kita. Agar apa? Ekonomi kena trigger, bisa memacu growth kita, pertumbuhan (ekonomi) kita," ujar Presiden.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga ingatkan jajarannya untuk dapat bekerja luar biasa melebihi apa yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya.

"Jangan sampai menganggap kita ini masih pada situasi biasa-biasa saja. Saya melihat stimulus ekonomi ini belum (tuntas), bansos sudah lumayan, kesehatan masih perlu dipercepat, stimulus ekonomi baik untuk yang UMKM maupun yang tengah dan gede, belum (tuntas)," ujarnya.

Diduga Korban Perdagangan Manusia, Puluhan Pekerja WNI Ditemukan di Kapal China, Ini Nama-namanya

Ibu Muda Tewas Mengenaskan, Tubuhnya Gosong Terbakar, Diduga Bunuh Diri, Terdengar Tangisan Bayi

Pria Bejat Ini Perkosa dan Bunuh Bocah 5 Tahun Dibantu Sang Istri, Perhiasan Bocah Dirampas

Pesawat MV 22 Osprey
Pesawat MV 22 Osprey (us marine corps via kompas.com)

Amerika Setujui Penjualan MV-22 Osprey Block C

Di sisi lain, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat baru saja telah menyetujui rencana penjualan pesawat tiltrotor MV-22 Osprey Block C kepada Indonesia.

Berdasarkan siaran pers Badan Kerja Sama Pertahanan Keamanan AS (Defense Security Cooperation Agency/DSCA) pada Rabu (7/7/2020) WIB, persetujuan rencana penjualan pesawat tersebut karena Indonesia dianggap penting sebagai penjaga stabilitas politik dan kekuatan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik.

Dari siaran pers tersebut disebutkan bahwa Pemerintah Indonesia telah mengajukan pembelian delapan pesawat MV-22 Osprey Block C beberapa waktu lalu dengan biaya mencapai 2 miliar dollar AS atau setara Rp 28,9 triliun.

Jika rencana pembelian ini berjalan mulus, Indonesia akan menjadi negara ketiga di dunia yang mengoperasikan pesawat tersebut, selain AS dan Jepang.

( Tribunpekanbaru.com )

Artikel ini sebelumnya tayang di Kompas.tv

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved