Breaking News:

Ada Biaya Tambahan Siswa Baru di SMAN 1 Pasir, Ini Langkah yang Dilakukan Dinas Pendidikan Riau

Adanya kabar penetapan biaya kebutuhan siswa baru sebesar Rp. 1.900.000 per siswa baru Tahun Ajaran 2020-2021.

TribunPekanbaru/Syahrul Ramadhan
Kepala Sekolah SMAN 1 Pasir Ali Pulaili (dua dari kiri), Ketua Komite SMAN 1 Pasir Zaini, Kabid SMA Disdik Provinsi Riau Muhammad Guntur dan Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Riau Adolf Bastian. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Riau Muhammad Guntur berkunjung ke SMAN 1 Pasir Pangaraian pada Kamis (9/7/2020).

Kedatangan tersebut terkait adanya kabar penetapan biaya kebutuhan siswa baru sebesar Rp. 1.900.000 per siswa baru Tahun Ajaran 2020-2021.

Diakui Guntur, kedatangannya ke Rokan Hulu adalah untuk mengklarifikasi persoalan biaya tambahan sebagai mana dilakukan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Pasir Ali Pulaili.

"Sudah Clear. Sudah dicabut kebijakan tersebut. Persoalan ini akan kita bawa ke Pekanbaru untuk didiskusikan masalah kelanjutannya," kata Guntur.

Dia menerangkan, bahwa apa yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Pasir telah melanggar Permendikbud 75/2016 Tentang Komite Sekolah.

"Bahwa Gubri juga sudah mengeluarkan aturan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah tidak dikenakan biaya. Alias gratis. Maka dari itu, sega pungutan di sekolah dalam bentuk apapun tidak dibenarkan," ucapnya.

Terkait sanksi dari aturan tersebut, maka Kepala Sekolah SMAN 1 Pasir terancam pembinaan hingga pemberhentian dari jabatannya tersebut.

"Tidak menutup kemungkinan, bisa saja yang bersangkutan diberhentikan dari jabatannya sebagai kepala sekolah. Hal itu tergantung kebijakan di provinsi nanti," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMAN 1 Pasir Ali Pulaili mengeluarkan kebijakan terkait biaya tambahan bagi siswa baru masuk ke sekolahnya tersebut.

Dalam kebijakan berupa Berita Acara Pengumuman Siswa Baru dikenakan biaya tambahan dengan rincian Biaya Pakaian Nasional sebesar Rp. 260 ribu, Biaya Pakaian Seragam sebesar Rp. 260 ribu, Biaya Pakaian Pramuka sebesar Rp. 260 ribu, Biaya Pakaian Melayu sebesar Rp. 240 ribu, Biaya Pakaian Olajraga Rp. 160 ribu, Biaya Satu Paket Meja dan Kursi Rp. 560 ribu, Biaya Atribut dan Jilbab atau Peci sebesar Rp. 100 ribu. Total, seluruh biaya tersebut senilai Rp. 1.900.000.

Halaman
12
Penulis: Syahrul
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved