Breaking News:

Resmi, Fatwa MUI Tentang Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban saat Covid-19

Majelis Ulama Indonesia ( MUI) mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan ibadah qurban tahun ini.

Editor: Muhammad Ridho
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah warga berusaha merobohkan hewan kurban berupa seekor kerbau yang akan dipotong seusai Salat Idul Adha 1439 H di Masjid Raudhatus Shalihin di Jalan Bukit Barisan, Pekanbaru, Rabu (22/8/2018). (Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Majelis Ulama Indonesia ( MUI) mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan ibadah qurban tahun ini.

Fatwa MUI Nomor 36 Tahun 2020 mengenai shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban ketika terjadi Wabah Covid-19.

Dikutip Tribunpontianak.co.id dari Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas via Kompas.com, dia menjelaskan fatwa ini keluarkan suapaya masyarakat memperhatikan protokol kesehatan ketika ibadah shalat idul Adha atau saat menyembelih hewan kurban.

Mengacu pada hal tersebut, MUI menganggap perlu menetapkan fatwa agar bisa jadi pedoman saat menggelar pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban ketika wabah Covid-19.

"Menimbang juga di wilayah Indonesia wabah Covid-19 belum sepenuhnya terkendali, sehingga harus tetap melakukan kewaspadaan agar tidak terjadi peningkatan penularan," kata Anwar, Sabtu (11/7/2020)..

Segala pedoman telah tertuang pada Fatwa Nomor 36 Tahun 2020 tentang Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban ketika terjadi pandemi seperti sekarang ini.

Kumpulan Ucapan Selamat Idul Adha 2019/1440 H Lengkap dengan Gambar, Pas Dikirim ke Kerabat & Sosmed.
Kumpulan Ucapan Selamat Idul Adha 2019/1440 H Lengkap dengan Gambar, Pas Dikirim ke Kerabat & Sosmed. (PINTEREST.COM/behance.net)

Rekomendasi

1. Pengurus masjid harus menyiapkan penyelenggaraan shalat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban dengan berpedoman pada fatwa ini

2. Umat Islam yang memiliki kemampuan diimbau untuk melaksanakan kurban, baik dilaksanakan sendiri maupun dengan cara diwakilkan (taukil).

3. Panitia kurban supaya mengimbau kepada umat Islam tidak ikut langsung dengan proses pelaksanaan ibadah kurban supaya tidak berkerumun menyaksikan proses pemotongan.

4. Panitia Kurban dan Lembaga Sosial yang bergerak di bidang pelayanan ibadah kurban perlu menjadikan fatwa ini sebagai pedoman.

5. Pemerintah perlu menjamin keamanan dan kesehatan hewan kurban, serta menyediakan sarana prasarana untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban melalui rumah potong hewan (RPH) sesuai dengan fatwa MUI tentang standar penyembelihan halal.

Ketentuan hukum

1. Shalat Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syiar keagamaan (syiar min sya'air al-Islam).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved