Breaking News:

Kesempatan dari Pertamina untuk Mahasiswa Berwirausaha di Tengah Covid-19

Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Prof. Rully Indrawan, memprediksi pendapatan 70 persen UMKM di Indonesia menurun.

freepik.com
Ilustrasi Wirausaha 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Prof. Rully Indrawan, memprediksi pendapatan 70 persen UMKM di Indonesia menurun.

Penurunan pendapatan itu disebabkan pandemi.

Sulitnya memulai wirausaha bagi pelaku usaha saat perlambatan ekonomi akibat pandemi ini.

Vice President CSR and SMEPP PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita mengatakan, tapi bagi sebagian mereka yang kreatif justru melihat peluang, lincah beradaptasi, dan tak mudah patah arang, krisis tak jadi halangan dalam berwirausaha, yang ia sampaikan saat membuka ajang Kampuspreneur melalui aplikasi Zoom, Selasa (14/7/2020).

"Kami dari pihak Pertamina punya perhatian besar pada pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM. Selama pandemi misalnya, kami memanfaatkan produk-produk UMKM mitra binaan untuk bantuan CSR senilai lebih dari tujuh milar rupiah," kata Arya melalui rilisnya kepada Tribun, Rabu (15/7/2020).

Dijelaskannya, Kampuspreneur ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong kawan-kawan kampus khususnya di Universitas Islam Riau untuk berani berwirausaha, adaptif dan tahan banting.

Lewat program kolaborasi Pertamina dengan Universitas Islam Riau (UIR) ini, lanjut Arya, mahasiswa dan mahasiswi UIR pertama diberi pembekalan mengenai kewirausahaan.

Baik dari sisi motivasi, maupun dari sisi keilmuan berwirausaha. Selanjutnya, para entrepreneur kampus akan mendapat dukungan pendanaan dan mentoring untuk berwirausaha.

Senada dengan Arya, Wakil Rektor III UIR, Ir. H. Rosyadi, M.Si, dalam sambutannya mendorong mahasiswa dan mahasiswi UIR untuk berpartisipasi aktif dalam Kampuspreneur.

"Mahasiswa mahasiswi mesti merubah pola pikir, menjadi pencipta lapangan kerja. Bukan lagi menjadi pencari lowongan kerja. Ini sudah dirintis UIR dengan mengadakan mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa mahasiswi," kata Rosyadi.

Halaman
12
Penulis: Alex
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved