Breaking News:

Citizen Report

Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Desinfektan adalah sebutan bagi larutan atau zat kimia tertentu yang dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme yang ada pada suatu objek tertentu

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Lakukan Penyemprotan Disinfektan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Ditengah wabah virus corona Covid-19 yang semakin meluas terutama di Indonesia, berbagai tindakan dilakukan untuk mencegah orang yang terinfeksi lebih banyak.

Mulai dari menyerukan himbauan untuk cuci tangan, melalukan social distancing, hingga lockdown.

Salah satu cara yang sudah mulai banyak dilakukan yaitu penyemprotan cairan desinfektan.

Desinfektan adalah sebutan bagi larutan atau zat kimia tertentu yang dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme yang ada pada suatu objek tertentu.

Bahan ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus diudara.

Pengaplikasian alat penyemprotan tentu harus sesuai dengan standar operasional dan dilengkapi dengan Alat Pelidung Diri (APD) seperti masker, pakaian lengan panjang untuk mengurangi chemical nya.

Dalam kegiatan kali ini, untuk pakaian lengan panjang tim kukerta relawan covid-19 menggunakan jas hujan sebagai alat pelindung diri dimana jas hujan mempunyai sifat kedap air.

Ruangan yang telah disemprot harus distrerilkan kurang lebih 5 sampai 10 menit agar virus benar-benar terpapar.

Rabu, (17/06/2020) Tim Kukerta Relawan Covid-19 Kecamatan Kubu Babussalam melakukan Salah satu upaya mencegah penyebaran Novel Corona Virus (COVID-19) ialah melalui penyemprotan desinfektan.

Penyemprotan dilakukan langsung oleh ketua tim Kukerta Relawan Covid-19 Kecamatan Kubu Babussalam.

Dalam proses penyemprotan ini bahan kimia yang digunakan dalam pemuatan desinfektan adalah Bayclin yang mengandung bahan aktif Sodium Hypochlorite (5.25%). Pembuatan desinfektan ini dilakukan dengan mancampurkan bahan kimia (Bayclin) dan air dengan perbandingan.

Penyemprotan dilakukan diseluruh ruangan puskesmas kecamatan kubu babussalam, baik ruangan aula pertemuan, lorong-lorong rumah sakit, ruang tunggu maupun kamar-kamar pasien (kamar dalam keadaan kosong).

Setelah melakukan penyemprotan disinfektan, sekitar kurang lebih 10 menit tim kukerta relawan Covid-19 kecamatan kubu babussalam mengepel seluruh ruangan di puskesmas kecamatan kubu babussalam setelah sebelumnya di sterilisasi dengan cara membiarkan ruangan yang telah disemprot disinfektan selama kurang lebih 10 menit.

Citizen Journalism - Tribunpekanbaru.com / Rusliana.

Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved