Breaking News:

Citizen Journalism

Tim Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Buat Hand Sanitizer dari Daun Sirih dan Tempat Cuci Tangan

Daun sirih ini terlebih dahulu dicuci dan dipotong potong lalu dikukus dengan api sedang selama 30 menit.

Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Istimewa
Tim Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Buat Hand Sanitizer dari Daun Sirih dan Tempat Cuci Tangan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Selasa, 23 Juni 2020, Tim Relawan Kukerta Covid-19 Universitas Riau mengadakan edukasi atau sosialisasi mengenai pembuatan handsanitizer berbahan dasar alami dengan ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) desa Kompe Berangin.

Acara dilaksanakan di kantor kepala desa Kompe Berangin pada pukul 14.00 WIB – selesai. 

Adapun tujuan dilaksanakannya acara ini ialah sebagai bentuk edukasi mahasiswa terhadap pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat khususnya kepada ibu-ibu PKK di Desa Kompe Berangin.

Tidak hanya itu, edukasi pembuatan handsanitizer ini juga dilaksanakan sebagai bentuk kreativitas mahasiswa mengingat cairan antibakterial ini terbatas di pasaran dan memiliki harga yang cukup tinggi.

Acara dibuka langsung oleh kepala desa Kompe Berangin, dan kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh kepala desa Kompe Berangin, melalui kata sambutan tersebut kepala desa Kompe Berangin mengatakan bahwa semoga dengan adanya edukasi atau sosialisasi dari tim kukerta relawan Covid-19 ini bisa memberikan manfaat dalam mencegah adanya penyebaran Covid-19.

Tim menjelaskan tahap demi tahap yang dilakukan dalam pembuatan handsanitizer berbahan dasar alam.

Demonstrasi dilakukan langsung oleh 3 mahasiswa yang salah satunya berasal dari Pendidikan Kimia.

 Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat 1 botol ukuran 30 mL handsanitizer adalah daun sirih 2 lembar, air perasan jeruk nipis 2 tetes, aloevera yang telah dihaluskan 2 tetes serta parfum sebagai pewangi.

Tim menjelaskan bahwa pembuatan handsanitizer menggunakan daun sirih karena sesuai dengan penuturan Dr. Retno Sari MSC,Apt bahwa air daun sirih sebanyak 15 persen ke atas sama efektifnya dengan etanol 70 persen untuk mengurangi jumlah bakteri dan virus.

Daun sirih ini terlebih dahulu dicuci dan dipotong potong lalu dikukus dengan api sedang selama 30 menit.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved