Breaking News:

Kejati Riau Tetapkan 2 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi di Disdik Riau, Ada Direktur Perusahaan

"Kami sudah tetapkan dua tersangka dugaan korupsi pengadaan media pembejaran perangkat keras di Disdik Riau. Mereka berinisial HT dan RD," ujar Kejati

Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Kejati Riau Tetapkan 2 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi di Disdik Riau, Ada Direktur Perusahaan. Foto : Kedua tersangka kasus dugaan korupsi di Disdik Provinsi Riau (rompi oranye) saat digiring ke mobil tahanan, Senin (20/7/2020) sore. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jaksa penyidik Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau, akhirnya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau.

Dugaan rasuah yang dimaksud, terindikasi terjadi dalam kegiatan pengadaan media pembelajaran (perangkat keras) Informasi Teknologi dan Multimedia untuk jenjang SMA.

Kegiatan itu bersumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2018, yaitu sebesar Rp23,5 miliar.

Dua orang tersangka yang dimaksud, yaitu Hafiz Timtim selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Direktur PT Airmas Jaya Mesin (Ayoklik.com) cabang Riau, Rahmad Dhanil.

Keduanya dinilai paling bertanggungjawab atas perkara senilai puluhan miliar itu.

"Kami sudah tetapkan dua tersangka dugaan korupsi pengadaan media pembejaran perangkat keras di Disdik Riau.

Mereka berinisial HT dan RD," ujar Kepala Kejati Riau, Mia Amiati, saat ekspos kasus, Senin (20/7/2020).

Kejati Riau Tetapkan 2 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi di Disdik Riau, Ada Direktur Perusahaan
Kejati Riau Tetapkan 2 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi di Disdik Riau, Ada Direktur Perusahaan (Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri)

Mia merincikan, perbuatan tersangka HT selaku oknum PNS di lingkungan Pemprov Riau, ia tidak melakukan survei harga pasar dalam kegiatan pengadaan tersebut, meski pelaksanaannya menggunakan e-katalog.

Lalu, menyusun harga perkiraan sendiri (HPS) berdasarkan pesanan broker, melakukan pengadaan dengan bersekongkol dengan pihak ketiga, serta menerima gratifikasi dan fasilitas dari pihak ketiga.

Sementara perbuatan tersangka RD, ia bersekongkol menentukan spesifikasi barang dengan tersangka HT.

Halaman
123
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved