Breaking News:

Video Berita

Video: Hadapi Musim Kemarau, KPBD Cek Kesiapan Personil dan Peralatan Antisipasi Karhutla

Memasuki musim kemarau, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu (Inhu) melakukan pengecekan kesiapan personil dan peralatan

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: aidil wardi

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Memasuki musim kemarau, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu (Inhu) melakukan pengecekan terhadap kesiapan personil dan peralatan.

Pengecekan tersebut dilakukan pada Senin (20/7/2020). Menurut konfirmasi dengan Kepala KPBD Inhu, Erguafian pengecekan tersebut guna menjamin kesiapan KPBD dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menhan Prabowo Disebut Ingin Beli Pesawat Tempur dari Austria, Jokowi: Beli Produk Dalam Negeri

"Hari ini kita melakukan pengecekan personil dan peralatan kita, rencananya kita BPBD dari Provinsi Riau juga akan turun melakukan pengecekan," kata

Ergusfian ketika ditemui Tribunpekanbaru.com di ruang kerjanya. Berdasarkan data dari KPBD Inhu, dalam satu semester ini terjadi sembilan kejadian Karlahutla.

Pada Bulan Januari, terjadi tiga kejadian karhutla. Kejadian pertama terjadi di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat dengan luas lokasi terbakar mencapai 17,5 hektar. "Pemadaman di Sekip Hilir lebih kurang sembilan hari," kata Ergusfian.

Video: Tambah Satu Kasus Positif Covid-19 di Pelalawan, Ada Riwayat Bepergian ke Jambi

Kemudian di Desa Petonggan, Kecamatan Pasir Penyu, Inhu dengan luas lahan yang terbakar mencapai 3,5 hektar san Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat dengan luas lahan terbakar satu hektar.

Bulan Maret 2020 menjadi periode yang paling banyak terjadi karlahut, yakni mencapai lima kejadian.

Pertama di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal, Inhu dengan luas lahan yang terbakar mencapai delapan hektar, kemudian di Desa Bongkal Malang, Kecamatan Kelayang dengan luas lahan yang terbakar mencapai tujuh hektar, di Desa Petonggan, Kecamatan Rakit Kulim dengan luas lahan yang terbakar mencapai empat hektar.

Istana Siak Riau Kembali Ditutup, Antisipasi Penularan Kasus Covid-19 yang Makin Meningkat

Selain itu di Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat dengan luas lahan yang terbakar mencapai empat hektar.

Selanjutnya Desa Barangan, Kota Lama, luas lahan yang terbakar lebih kurang 0,4 hektar.

Sementara itu pada Bulab Juli hanya ada satu kejadian karlahut, yakni di Desa Rawa Bangun, Kecamatan Rengat, lebih kurang dua hektar. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved