Breaking News:

Berita Riau

Permintaan CPO Tinggi dari Cina Dorong Naiknya Harga Tandan Buah Segar Sawit Riau

Naiknya harga TBS kelapa sawit Riau untuk kelompok umur 10-20 tahun mencapai sekitar 3,45 persen dari pekan lalu

istimewa
Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Permintaan Crude Palm Oil (CPO) yang cukup tinggi dari Cina dan melemahnya nilai tukar Ringgit Malaysia terhadap Dollar Amerika Serikat (AS) dorong naiknya Harga Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit Riau dalam sepekan ini.

Kenaikan harga TBS itu dialami semua kelompok umur.

Namun kenaikan harga TBS Sawit Riau tertinggi periode 22-28 Juli 2020 ini dialami kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 55,91 per kilogramnya.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP, MSi mengatakan, naiknya harga TBS untuk kelompok umur 10-20 tahun itu mencapai sekitar 3,45 persen dari pekan lalu.

Fadia, Putri Pedangdut Arafiq Resmi Diusung PDI Perjuangan Maju Jadi Calon Bupati Pekalongan

Wanita Berambut Pirang Ngamuk & Ludahi Driver Ojol, Mobilnya Dituduh Halangi Ambulans

INFO Lowongan Kerja: PT Indofood Cari Banyak Karyawan Baru 110 Posisi, Lulusan SMA SMK D3 S1

"Atas kenaikan itu harga TBS periode ini menjadi Rp 1.676,75 per Kilogram (Kg). Naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal," ujar Defris Hatmaja kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (22/7/2020)

Faktor internal naiknya harga TBS periode ini jelas Defris, disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data.

Tercatat rata-rata kenaikan harga jual CPO mencapai Rp 284,81/Kg dan rata-rata kenaikan harga jual kernel mencapai Rp 187,55/Kg.

"Untuk harga jual CPO, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar Rp 243,00/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 310,55/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 300,88/Kg dari harga minggu lalu.”

“ Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp 89,09/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 286,00/Kg dari harga pekan lalu,”ucapnya.

Sementara dari faktor eksternal, kenaikan harga TBS periode ini tambah Defris, dipengaruhi oleh berkurangnya produksi CPO di Indonesia dan Malaysia akibat musim kemarau yang melanda sebagian wilayahnya.

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved