Breaking News:

Idul Adha 2020

Distakan Pekanbaru Periksa Hewan Kurban, Petugas Temukan Kesalahan Fatal

pihaknya memang ada menemukan kesalahan fatal yakni ada hewan kurban yang masih belum layak dari segi umur

Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Distakan Pekanbaru Periksa Hewan Kurban, Petugas Temukan Kesalahan Fatal. Foto: Tim dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru Bidang Peternakan menggelar pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban di tempat penjualan hewan kurban milik Supplier Ternak Indonesia, Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, Kamis (23/7/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk memastikan kesehatan fisik dan umur hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2020 mendatang, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru Bidang Peternakan menggelar pemantauan terhadap kesehatan hewan kurban di sejumlah tempat usaha penjualan hewan kurban di Kota Pekanbaru .

Disampaikan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru , Herlandria S.Pt, MSc, terdapat beberapa syarat tertentu untuk hewan kurban .

“Baik itu sapi maupun kambing, hewan yang dikurbankan itu tentu hewan yang sehat, tanda-tanda hewan sehat bisa dilihat fisiknya, gerakannya yang lincah, makannya normal dan suhu tubuh yang normal juga,” kata Herlandria kepada Tribunpekanbarutravel.com disela-sela kegiatan pemantauan hewan kurban yang dilakukan pihaknya di tempat penjualan hewan kurban milik Supplier Ternak Indonesia, Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, Kamis (23/7/2020).

Dilanjutkannya, syarat yang lain adalah hewan tersebut harus cukup umur, “kalau sapi berumur diatas dua tahun, ditandai dengan gantinya gigi seri yang di bawah, kalau untuk kambing di atas umur satu tahun," katanya lagi.

Kegiatan pemantauan tersebut telah berjalan sejak seminggu yang lalu dan terus berlanjut hingga hari pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

“Kita akan melaksanakan pemantauan, baik hari ini pelaksanaan pemeriksaan antemortem dan nanti setelah dipotong dilakukan pemeriksaan postmortem.

Distakan Pekanbaru Periksa Hewan Kurban, Petugas Temukan Kesalahan Fatal. Foto: Label hewan kurban.
Distakan Pekanbaru Periksa Hewan Kurban, Petugas Temukan Kesalahan Fatal. Foto: Label hewan kurban. (Tribun Pekanbaru/Theo Rizky)

Nantinya akan dilakukan pemantauan kalau memang ada warga masyarakat yang curiga atau khawatir terhadap hewan yang telah dipotong tersebut,” kata Herlandria. 

Menurutnya, sejauh ini ia tidak menemukan hewan-hewan kurban yang sakit, namun, pihaknya memang ada menemukan kesalahan fatal yakni ada hewan kurban yang masih belum layak dari segi umur, atau belum sampai dua tahun untuk sapi dan satu tahun untuk kambing.

“Kalau hewan-hewan seperti ini tentu kita tidak memberikan izin untuk dipotong karena tidak memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban,” ucapnya.

Dijelaskan Herlandria, kalau hewan itu sehat dan layak untuk dikurbankan, pihaknya akan mengeluarkan surat keterangan kesehatan hewan dan surat izin potong

Halaman
12
Penulis: Theo Rizky
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved