Breaking News:

Citizen Journalism

Mahasiswa Relawan Covid-19 UNRI Bantu Satgas Desa Cegah Penyebaran Virus Corona

penyemprotan desinfektan untuk segala ruang public, mempersiapkan ruang isolasi bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP), membantu pemerintah Desa

Tribun Pekanbaru/Istimewa
Mahasiswa Relawan Covid-19 UNRI Bantu Satgas Desa Cegah Penyebaran Virus Corona 

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Sejak awal Maret 2020, Indonesia tengah dilanda wabah covid-19, yakni suatu virus yang bernama SARS-CoV-2 yang menyerang system pernafasan pada manusia dan dapat ditularkan dari satu manusia kepada manusia lain melalui cairan droplets.

Virus ini sangat berbahaya dan dapat menyerang semua kalangan, baik muda maupun tua.

Maka dari itu pemerintah Indonesia menghimbau semua masyarakat untuk menjaga jarak social antar manusia atau lebih dikenal dengan social distancing untuk menvegah penularan virus corona tersebut.

Hampir semua daerah di Indonesia, khususnya Provinsi Riau tidak luput dari kasus virus tersebut. Maka dari itu Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyetejui usulan Gubernur Riau yakni Pembatasan Soaial Berskala Besar (PSBB) di lima Kabupaten di Provinsi Riau, yakni Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Pelelawan.

Di Kabuptaen Kampar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah dilaksanakan sejak awal April lalu, maka dari itu lima mahasiswa Universitas Riau tergerak untuk terjun menjadi relawan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 di Desa Sibuak, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Kegiatan demi kegiatan telah berjalan sejak 19 Mei 2020.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama tim Satuan Tugas dan masyarakat Desa Sibuak utuk pencegahan Covid-19 antara lain sosialisasi penecagahan Covid-19, penyemprotan desinfektan untuk segala ruang public, mempersiapkan ruang isolasi bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP), membantu pemerintah Desa dalam penyaluran segala bentuk bantuan untuk masyarakat, membagikan masker kepada masyarakat, menyebarkan pamflet sebagai ajakan untuk masyarakat hidup sehat, pembuatan tempat cuci tangan yang diletakkan di ruang public, melakukan sosialiasi New Normal kepada masyarakat, dan lain-lain.

Muizin Firmansyah selaku Kepala Desa Sibuak sekaligus Ketua Tim Satuan Tugas pencegahan Covid-19 sangat mengapresiasi kesedian para mahasiswa Universitas Riau untuk turun langsung ke lapangan membantu masyarakat desanya untuk memerangi covid-19.

“Saya sangat bangga dan begitu mengapresiasi para mahasiswa ini yang memiliki kesediaan secara ikhlas untuk menjadi relawan membantu Tim Satgas, masyarakat dan semua stakeholder untuk memerangi Covid-19 di Desa Sibuak ini.

Harap saya virus Corona ini segala berakhir dan kita semua dapat melakukan semua kegiatan normal seperti semula” sebut Muizin Saat ditemui di Kantor Desa Sibuak (18/06/20).

Segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan disambut dengan baik dan diberi dukungan penuh oleh semua stakeholder.

Semua masyarakat ikut serta berpartisipasi dalam upaya pencegahan Covid-19.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dinilai sangat membantu masyarakat dalam mencegah dan menghadapi Covid-19.

Diharapkan dengan adanya kegiatan demi kegiatan pencegahan tersebut desa Sibuak khusunya dapat terhindar dari ancaman bahaya virus Corona.

Tribunpekanbaru.com / Citizen Journalism / Agung Kurniawan.

Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved