Breaking News:

Inovasi dan Digitalisasi Kunci UKM Fashion Berjaya di Era Pandemi

Pelaku industri dan usaha mikro, kecil dan menengah berperan vital terhadap performa industri tekstil dan produk tekstil (TPT) tanah air

istimewa
APR yang merupakan perusahaan penghasil serat viscose rayon dalam negeri mensosialisasikan semangat everything Indonesia, yakni mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri sejalan dengan operasional perusahaan yang sepenuhnya berasal dari dalam negeri. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pelaku industri dan usaha mikro, kecil dan menengah berperan vital terhadap
performa industri tekstil dan produk tekstil (TPT) tanah air, baik dalam situasi normal maupun di tengah tantangan pandemi COVID-19.

Untuk itu, UKM khususnya di bidang tekstil dan fesyen diharapkan untuk terus kreatif dan berinovasi.

UKM harus jeli dalam memaksimalkan peluang pasar lewat platform digital di tengah era kebiasaan baru.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong pelaku UKM untuk menyesuaikan
bisnisnya dengan preferensi konsumen saat ini dan memanfaatkan peluang baru di tengah
pandemi.

“Pelaku industri dan usaha mikro kecil dan menengah berperan penting terhadap performa tekstil dan produk tekstil di tanah air. Tahun lalu nilai ekspor sektor ini mencapai hampir US$13 miliar , dengan pandemi ini dapat diharapkan para pelaku UMKM bidang fesyen juga siap melakukan perubahan dan inovasi salah satunya dengan memanfaatkan platform digital atau daring,” kata Teten saat memberikan sambutan dalam webinar Everything Indonesia”Strategi UKM Fashion di Masa Pandemi”, Kamis (23/7/2020).

Selama ini, keberadaan UKM berperan kunci dalam mendorong perekonomian negeri dengan total 64,2 juta unit usaha, menyerap hingga 120,6 juta jiwa tenaga kerja serta pangsa pasar hingga 99 persen dari total jumlah usaha yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, Teten juga mendorong pelaku UKM untuk memaksimalkan penggunaan bahan
baku dalam negeri sekaligus mewujudkan gerakan #BanggaBuatanIndonesia dan #SemuanyaAdaDisini seperti yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo.

Salah satu perusahaan yang sejalan dengan gerakan nasional tersebut adalah Asia Pacific Rayon (APR).

APR yang merupakan perusahaan penghasil serat viscose rayon dalam negeri mensosialisasikan semangat everything Indonesia, yakni mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri sejalan dengan operasional perusahaan yang sepenuhnya berasal dari dalam negeri.

“Kami berharap semangat everything Indonesia dan bangga buatan Indonesia ini dapat menjadi penggerak bagi UKM untuk terus berkarya dan berkolaborasi bersama dalam menciptakan produk-produk unggulan asli dari Indonesia,” kata Basrie Kamba, Direktur Asia Pacific Rayon.

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved