Breaking News:

Pemkab Siak Daftarkan 1.080 Orang Perangkat Kampung ke BPJS Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Siak mendapftarkan seluruh aparatur kampung ke BPJS Kesehatan. Hal itu dilakukan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi warga

Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Kabupaten Siak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Siak Jamaluddin mengatakan, pada 2020 ini seluruh aparatur kampung didaftarkan ke BPJS Kesehatan .

Iurannya sebesar 4 persen ditanggung APBD Siak dan 1 persen merupakan pemotongan gaji atau honorarium yang bersangkutan.

"Ada target kesepertaan penduduk ke BPJS Kesehatan, sampai 2024 harus 98 persen. Saat ini kita masih 76 persen," kata Jamaluddin, Selasa (28/7/2020).

Ia juga mengatakan telah mengikuti Sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 dan Regulasi Kebijakan Turunan yang ditaja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, melalui Video converence, Senin (27/7/2020) kemarin.

Jamaluddin mengatakan, Perpres Nomor 64 tahun 2020 adalah perubahan Perpres terdahulu berkaitan dengan BPJS Kesehatan.

Khususnya terkait kepala kampung dan perangkat kampung/deaa yang selama ini pada Perpres terdahulu belum dicantumkan dalam BPJS Kesehatan.

"Jadi dengan Perpres Nomor 64  tahun 2020 sudah dicantumkan bahwa perangkat kampung untuk tahun anggaran 2020 ini sudah mulai dimasukkan dalam BPJS Kesehatan," kata Jamal.

Warga Kampung Pencing Bekulo Terharu Dikunjungi Alfedri, Ia Bupati Pertama Yang Datang ke Sini

Bupati Alfedri Turun Ke Kampung Temui Petani, Sosialisasikan Dana KUR Untuk Modal Garap Lahan

Alfedri Terkenang Jingkrak-jingkrak di Jerami Saat Panen Raya di Laksmana : Saya Hanya Orang Kampung

Ia menegaskan, iuran sebesar 4 % di bayar oleh APBD Kabupaten Siak dan 1 % lagi dibayar oleh yang bersangkutan. Besaran iuran Rp152.000/bulan dan itu untuk menanggung 5 orang anggota keluarga. 

"Ini sangat membantu perangkat kampung se-Kabupaten Siak dalam hal Jaminan Kesehatan," ujarnya. 

Untuk iuran itu, Pemkab Siak mulai menganggarkan di APBD perubahan 2020 ini yaitu untuk Oktober, November dan Desember 2020.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved