Breaking News:

Berita Riau

Sungai Kerumutan di Pelalawan Berubah Hitam dan Berbau, Diduga Tercemar Limbah Pabrik Kelapa Sawit

Sungai Kerumutan di Rawang Empat diduga dicemari oleh limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Bandar Petalangan

istimewa
Sungai Kerumutan di Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan, Pelalawan diduga tercemar limbah pabrik kelapa sawit pada Selasa (28/7/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Air Sungai Kerumutan berubah warna menjadi hitam dan mengeluarkan bau tak sedap.

Sungai yang berada di Kelurahan Rawang Empat, Kecamatan Bandar Petalangan, kabupaten Pelalawan Riau diduga tercemar pada Selasa (28/7/2020).

Sungai Kerumutan di Rawang Empat diduga dicemari oleh limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Bandar Petalangan.

Air limbah dari kolam penampungan limbah PKS diperkirakan meluap hingga mengalir hingga ke Sungai Kerumutan.

Presiden Brasil Kembali Berulah,Buka Masker Saat Bertemu Pendukung,Padahal Baru Sembuh dari Covid-19

Lama Tak Terdengar, Begini Kabar Terbaru Bocah Menggemaskan Bernama Tatan, Kini Sudah Masuk SD

Putra Siregar Tersangka Tindak Pidana Peredaran Barang ilegal, Ancaman 8 Tahun, Denda Rp 5 Miliar

Foto-foto dan video diduga air limbah mencemari sungai beredar di media sosial yang dibagikan netizen.

Air berwana hitam itu dituding limbah milik perusahaan kelapa sawit yang mengalir masuk ke Sungai Kerumutan di Kecamatan Bandar Petalangan.

"Cabut izin RSPO/ISPO perusahaan ini. Bantu kawal dan proses hukum pencemaran Sungai Kerumutan Kecamatan Bandar Petalangan Pelalawan Riau," tulis seorang netizen Abdoel Wadoed AW pada akun Facebook miliknya dengan melampirkan dua foto aliran sungai yang tampak berwarna hitam, Selasa (28/7/2020).

Akun FB Saharuddin Sahar juga menayangkan video siaran langsung di tengah kebun sawit yang tampak aliran air berwarna hitam.

Lurah Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan, Ramli, saat dikonfirmasi Tribunpekanbnaru.com terkait dugaan pencemaran sungai itu, membenarkan adanya kejadian tersebut.

Menurut Ramli limbah tersebut berasal dari kolam penampungan limbah PKS yang meluber keluar dan mengalir ke Sungai Kerumutan.

Halaman
123
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved