Breaking News:

Kampar

82 Ribu Peserta JKN di Kampar Masih Menunggak Iuran, BPJS Pekanbaru Bakal Rekrut Kader JKN

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pekanbaru, Nora Duita Manurung terkait tunggakan pembayaran ini mengatakan akan melakukan perekrutan Kader JKN.

Penulis: Ikhwanul Rubby | Editor: CandraDani
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi BPJS 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - BPJS Pekanbaru beberkan bahwa 82 ribu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) masih menunggak iuran di Kabupaten Kampar.

Hal ini diungkapkan dalam Telekonfrensi Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama BPJS Kesehatan Pekanbaru tingkat Kabupaten Kampar, Rabu (29/7).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pekanbaru, Nora Duita Manurung terkait tunggakan pembayaran ini mengatakan akan melakukan perekrutan Kader JKN.

Kader JKN ini akan dilatih untuk dapat mendorong kepesertaan JKN. Ke depan kader JKN akan berupaya melakukan kolekting PBPU yang menunggak dengan target 500 KK dengan pencanangan Desa Sadar JKN.

Jaringan Internet Mahal dan Tak Merata, Guru di Kampar Datang ke Rumah Siswa Mengajar Berkelompok

Nora Duita Manurung menjelaskan JKN secara Nasional per 4 Juli 2020 dari jumlah penduduk lebih kurang 267, 2 juta jiwa, yang baru menjadi peserta JKN baru lebih kurang 221,4 juta jiwa.

Adapun untuk Provinsi Riau sendiri per 4 juli 2020 masih dibawah standar nasional yakni dari jumlah penduduk lebih kurang 6,172 juta jiwa yang baru ikut dalam hal ini lebih kurang 4, 7 juta.

Akan tetapi dalam hal ini kampar sendiri per 24 juli 2020 dari jumlah penduduk lebih kurang hampir 1 juta jiwa, saat ini telah ikut serta dalam JKN lebih kurang 11,754 ribu jiwa dengan capaian 82 persen.

Menurutnya capaian ini telah melebihi standar capaian nasional atau urutan kedua setelah Kota Pekanbaru se-Provinsi Riau.

Percikan Api dari Saklar MCB Bikin Satu Unit Rumah Ludes Terbakar di Desa Bukit Kemuning Kampar Riau

Sementara untuk potensi aparat desa yang belum menggunakan mekanisme pendaftaran KP Desa sesuai Permendagri No.199 tahun 2019 dari 242 Desa, baru sebanyak 54 desa dengan jumlah aparat desa sebanyak 1.407 yang telah registrasi sebagai OPNPN, Sementara 188 desa dengan jumlah aparat 4.512 belum registrasi.

Menanggapi ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedi Sambudi menuturkan kesadaran masyarakat untuk membayar iuram JKN masih rendah di Kampar.

"Ke depan kita harapakan peserta dan kesadaran masyarakat dalam pembayaran JKN agar bisa lebih meningkat," ungkapnya.

Lapor Pak Bupati Kampar! Sampah Banyak Menumpuk di Pinggir Jalan Kubang Raya

Ia berharap semoga kedepan penggunaan dan pembayaran JKN baik masyarakat maupun pihak swasta bisa lebih lebih efektik agar apabila masyarakat sakit bisa memamfaatkan hal ini sepenuhnya.(Tribunpekanbaru.com/Ikhwanul Ruby)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved