Breaking News:

Berita Riau

Antar Sampel ke Pekanbaru, DLH Pelalawan Dalami Dugaan Pencemaran Sungai Akibat Limbah Pabrik Sawit

Sampel diambil dari lima titik dikemas dalam jeriken plastik berukuran kecil telah diantarkan ke laboratorium dengan didampingi para pihak terkait

istimewa
Pengambilan sampel air Sungai Kerumutan yang diduga tercemar limbah PT Serikat Putra oleh Tim DLH dan diantarkan ke laboratorium kesehatan di Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan terus mendalami dugaan kebocoran limbah PT Serikat Putra di Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan pada Selasa (28/7/2020) lalu.

Tim DLH yang diturunkan ke lokasi melubernya limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Serikat Putra, didampingi masyarakat yang melapor dan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit itu.

Hasil pantauan dan verifikasi lapangan oleh tim telah dibuatkan dalam berita acara.

Sedangkan sampel yang diambil dari lima titik dikemas dalam jeriken plastik berukuran kecil telah diantarkan ke laboratorium dengan didampingi para pihak.

Pemkab Kuansing Terima Jadwal SKB CPNS, Ini Info Tahapannya

PARAH! Remaja di Batam Rela Jual Diri Demi Beli Kuota Internet, Segini Tarifnya

Jenazah Terbakar Ditemukan Tengkurap, Sempat dikira Wanita

"Anggota mengantarnya ke Lab Kesehatan UPT Pekanbaru. Tidak jadi ke Lab Dinas PUPR lantaran saat anggota sampai, lab itu sudah tutup," ungkap Kepala DLH Pelalawan, Eko Novitra, kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (28/7/2020).

Adapun hasil verifikasi temuan di lapangan Tim DLH yang salinannya diperoleh Tribunpekanbaru.com ada tiga poin besar yang dituliskan.

Pertama, pihak pelapor bernama Ramli yang merupakan Lurah Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan mendapat informasi pada pukul 06.00 WIB dari masyarakat jika air Sungai Kerumutan tidak seperti biasanya karena berubah menghitam.

Kemudian ditelusuri dan ditemukan titik awal kebocoran limbah.

Pada poin kedua, pihak perusahaan mendapat pengaduan dari masyarakat pada pukul 07.30 WIB bahwa ada limpahan limbah keluar dari Land Aplikasi (LA) Blok Dll Plat Bad nomor 3 menuju ke parit kebun.

Parit itu terhubung langsung ke Sungai Kerumutan yang panjangnya sejauh 500 meter. Sedangkan jarak sumber kebocoran ke parit lebih kurang 150 meter.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved