Breaking News:

Berita Riau

KPU Dumai Riau Sosialisasikan Pencalonan Pemilihan Wali Kota pada Partai Politik

Parpol diminta untuk mencermati kembali tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020

istimewa
KPU Kota Dumai melaksanakan sosialisasi pencalonan Pilkada 2020 kepada partai politik (parpol) di Kota Dumai, Rabu (29/7/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, melaksanakan sosialisasi pencalonan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai 2020 kepada partai politik (parpol) di Kota Dumai, Rabu (29/7/2020).

Kegiatan yang dipusatkan gedung media center itu dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Dumai Darwis dan dihadiri Ketua KPU Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir yang juga sebagai narasumber sebagai pada kegiatan tersebut

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Dumai Darwis mengungkapkan bahwa sosialisasi ini sangat penting agar semua pihak terutama partai politik memahami beberapa aturan terkait pemilihan kepala daerah.

"Saat ini, masih tahapan pemilihan coklik sampai 15 Agustus 2020 mendatang dan pada akhirnya Agustus akan di umumkan pendaftaran calon dan pada awal September di buka pendaftaran bakal calon pasangan," katanya.

Pakan Campur Kunyit untuk Budidaya Lele Sebagai Bisnis Alternatif di Masa Pandemi Covid-19

Ketipu, Feri Ngaku Pesan Sabu dari Narapidana di Lapas, Eh Ternyata Tawas: Buru Kurir Pakai Revolver

Gadis 21 Tahun Jadi Korban Bapak Kos, Sedang Tidur Diintip dari Jendela, Disetubui dan Diancam

Darwis menerangkan, perlu dilakukan sosialisasi beberapa aturan terkait Pilkada apalagi Pilkada 2020 ini, berbeda dengan pilkada sebelumnya karena di massa pandemi Covid-19.

"Jadi sosialisasi ini sangat penting, agar semua pihak terkait bisa memahami beberapa aturan yang berlaku," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, ada beberapa tahapan yang dilalui mulai penetapan tahapan pemilihan, pengumuman pasangan calon, pendaftaran sehingga nantinya pemilihan.

"Selain itu, ada prokol kesehatan Covid-19 yang harus di patuhi pada masa pandemi," tuturnya.

Selain itu, Darwis meminta kepada parpol untuk mencermati kembali tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020.

"Kami akan semakin sering mensosialisasikan tahapan Pilkada yang kembali dilanjutkan kepada masyarakat," terangnya.

Dikatakannya, PKPU nomor 5 tahun 2020 ini sebagai rambu-rambu dalam melaksanakan penyelenggaraan pilkada 2020.

Oleh sebab itu partai politik sebagai peserta dalam pemilihan oleh perlu mengetahui tahapan-tahapan penyelenggaran.

"Ini paling penting agar pemahamannya sama, dan pelaksanaan pilkada di kota Dumai, bisa berjalan dengan lancar dan aman," pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, terlihat hadir ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan, kepala Kesbang Dumai, dan perwakilan-perwakilan dari masing-masing parpol yang ada di Kota Dumai.

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved