Breaking News:

Kepulauan Meranti

Semua Hewan Kurban Sehat, DKPTPP Meranti Juga Siagakan Petugas saat Pemotongan Kurban

Kami tidak rekomendasikan, tapi terserah penjual dan pembelinya, kalau dia mau membelinya tidak apa-apa karena bukan penyakit yang menular

Istimewa
DKPTPP Kabupaten Kepulauan Meranti telah rampung melakukan pemeriksaan hewan kurban di Kecamatan Tebing Tinggi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP)  telah rampung melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah lapak. Pemeriksaan telah dilakukan sejak 22 Juli dan tinggal merekap data dari semua kecamagan.

Kepala Bidang Peternakan DKPTPP Drh Syafrilia Wulandari hasil dari pemeriksaan hewan kurban telah selesai dilaksanakan, dan sejauh ini belum ditemukan adanya sapi yang tidak layak untuk kurban.

Seluruh sapi-sapi kurban yang telah diperiksa juga telah diberi tanda kelayakan.

"Pemeriksaan audah selesai, cuman pendataan berapa jumlahnya sedang menunggu dari seluruhnya untuk kecamatan, untuk data pasti jumlah terbanyak di kecamatan Tebing Tinggi sudah ada 225 ekor yang kita periksa," ujar Kabid Peternakan DKPTPP Kepulauan Meranti Syafrilia Wulandari saat ditemui di kantornya Rabu (29/7/2020).

Wajib Tahu, Begini Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama di Kulkas

Walaupun demikian Syafrilia mencatat ada 2 sapi yang memiliki penyakit kulit, namun dirinya mengatakan tetap layak untuk dikonsumsi.

"Alhamdulilah sehat semua dan layak dikurbankan. Memang ada 2 ekor yang sakit kulit dan tidak kami rekomendasikan untuk kurban. Cuman dagingnya tidak masalah," ujarnya.

Dirinya juga mengatakan untuk sapi kurban yang memiliki penyakit tersebut telah diberi tanda agar para pembeli mengetahui.

"Kami tidak rekomendasikan, tapi terserah penjual dan pembelinya, kalau dia mau membelinya tidak apa-apa karena bukan penyakit yang menular," tuturnya.

Pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid atau Musholla, Bupati Inhil Keluarkan SE Protokoler Covid-19

Untuk jumlah ketersediaan hewan kurban di Kepulauan Meranti juga dikatakan Syafrilia masih mencukupi hingga saat ini.

"Untuk jumlah populasi sapi jantan di Kepulauan Meranti kita mencatat ada 619 ekor, itu juga tidak semua dikurbankan jadi mencukupi," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved