Breaking News:

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai: Saat Infrastruktur Berdamai dengan Gajah Sumatera

SEVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tbk Muhammad Fauzan mengonfirmasi bahwa ruas Pekanbaru-Dumai telah siap dioperasikan.

www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir
Kendaraan saat memasuki pintu gerbang Jalan Tol Pekanbaru Dumai Seksi I, Pekanbaru, Selasa (19/5). Tol Pekanbaru Dumai - Dumai seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer sudah mulai dioperasikan mulai Senin (18/5) kemarin hingga H+7 lebaran dari jam 06.00 sampai 18.00 WIB. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Jalan Tol Pekanbaru Dumai sudah memasuki tahap finalisasi. Jalan bebas hambatan sepanjang 131 kilometer ini merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.974 kilometer.

SEVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tbk Muhammad Fauzan mengonfirmasi bahwa ruas Pekanbaru-Dumai telah siap dioperasikan.

Saat ini, pihaknya tengah menunggu Sertifikat Layak Operasi (SLO) dari Kementerian PUPR..

"Sejauh ini tim Kementerian PUPR sudah turun (meninjau ke lapangan) dan masih dalam proses perbaikan minor terkait evaluasi kelayakan. Jadi posisi kami menunggu arahan dari Kementerian PUPR," terang Fauzan.

Jalan Tol ini akan memangkas jarak tempuh Pekanbaru Dumai yang sebelumnya tujuh jam, menjadi dua jam dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam.

Selain mendukung aktivitas ekonomi masyrakat, Jalan Tol Pekanbaru Dumai dipastikan menjadi ikon baru Indonesia.

Pasalnya, infrastruktur yang menelan biaya investasi senilai Rp 16 triliun ini, memiliki liwa terowongan perlintasan gajah.

“Terowongan ini dibangun khusus agar gajah tidak terganggu dan bebas berkeliaran di habitatnya sehingga tidak menganggu pengendara nantinya,” ujar Fauzan.

Dengan demikian, Jalan Tol ini dapat dikatakan sebagai jalan tol pertama yang memiliki perlintasan gajah.

Tentunya, selain melepas penat, pengendara juga bakal disuguhi pemandangan hewan yang hampir punah itu.

Halaman
1234
Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved