Breaking News:

Pelalawan

Kebutuhan Hewan Kurban di Pelalawan Idul Adha 2020 Menurun 20 Persen, Ini Rinciannya

Berdasarkan pendataan Disbunak Pelalawan hewan kurban yang disembelih mencapai 1.527 ekor, sementara tahun 2019 lalu mencapai 2.009 ekor.

Istimewa
Polres Pelalawan menyembelih hewan kurban yakni sembilan ekor sapi di halaman belakang Mapolres. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebutuhan hewan qurban di Kabupaten Pelalawan Riau pada Idul Adha tahun 2020 ini drastis berkurang dibanding tahun 2019 lalu.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Pelalawan hewan qurban yang disembelih mencapai 1.527 ekor.

Dengan rincian sapi mencapai 1.018 ekor, kerbau 107, kambing 390, dan domba 12 ekor. Ternak itu dipotong di 12 kecamatan yang ada di Pelalawan.

Cara Mengolah Daging Agar tak Amis, Ada Tips Khusus, Rebus Setengah Matang dan Beri Rempah Ini

"Penurunan sekitar 20 persen dibanding tahun lalu. Tahun ini cuma 1 527 sedang 2019 lalu 2.009," tutur Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Pelalawan, Asmedi, kepada tribunpekanbaru.com, Jumat (31/7/2020).

Adapun rincian hewan qurban per kecamatan yakni Langgam 124 ekor, Pangkalan Kerinci 387 ekor, Bandar Seikijang 81 ekor, Pangkalan Kuras 222 ekor, Ukui mencapai 188 ekor, Pangkalan Lesung 96 ekor. Kemudian Bunut 79 ekor, Pelalawan 44 ekor, Bandar Petalangan 85 ekor, Kerumutan 68 ekor, Teluk Meranti 88 ekor, dan Kuala Kampar ada 65 ekor.

Asmedi menuturkan, pihaknya tidak mengetahui pasti penyebab turunnya permintaan hewan kurban oleh kelompok masyarakat maupun mesjid.

Resep Rendang Daging Khas Minang, Bisa Diolah dari Daging Kurban

Diduga akibat menurunnya pendapatan masyarakat akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Perekonomian menjadi lesu hingga daya beli masyarakat tidak seperti sebelum pegebluk Covid.

"Mungkin akibat pengaruh perekonomian saat ini. Alhasil sebelumnya ada mesjid yang sebelumnya menyembelih 10 ekor, sekarang tinggal 5 atau 6 ekor. Seperti itulah kondisinya," tandas Asmedi.

Tim Disbunak telah bekerja sejak awak Bulan Juli dalam melakukan pendataan serta pemeriksaan kesehatan hewan ternak ke setiap kecamatan.

Untuk memantau ternak yang akan disembelih oleh masyarakat dan memastikan sesuai dengan aturan yang ada.

Bagikan Daging ke Penjual Koran dan Warga Sekitar, Tribun Pekanbaru dan Lazismu Potong Hewan Kurban

Seperti hewan yang tidak cacat, cukup umur atau di atas dua tahun, bukan ternak produktif, serta tak memiliki penyakit ternak. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved