Breaking News:

Video Berita

News Video: KKN Balek Kampung Unri 2020, Masyarakat Dipandu Membuat Toko Online

Tujuan pelaksanaan sosialisasi itu dilatarbelakangi oleh pentingnya marketing dalam memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM) warga setempat.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -- Dalam membantu masyarakat untuk mengembangkan usaha, tim Kuliah Kerja Nyata Balek Kampung Universitas Riau (Unri) di Desa Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing mengadakan sosialisasi pendampingan tentang cara pemasaran produk atau marketing kepada warga setempat, yang dilaksanakan dari 15 Juli hingga 14 Agustus 2020 mendatang.

Gatot Syapriadi selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan, saat ini perilaku konsumen telah berpindah dari pasar offline menuju pasar online.

Sehingga hal itu membuat para pelaku bisnis offline bergerak cepat pindah ke online.

Karena itu, dikatakannya, tujuan pelaksanaan sosialisasi itu dilatarbelakangi oleh pentingnya marketing dalam memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM) warga setempat.

Menurutnya, keuntungan dan kemajuan suatu bisnis bergantung pada bagaimana cara pemasarannya.

"Sudah seharusnya UMKM diberdayakan karena banyak warga yang belum tahu UMKM dan juga bingung mau melakukan apa setelah terbentuk UMKM tersebut," kata Gatot kepada Tribun, Sabtu (1/8/2020).

Dalam penjelasan materinya, Gatot menjelaskan bahwa ada empat manfaat yang akan didapatkan dalam menggunakan situs jejaring sosial untuk melakukan penjualan.

Keempat manfaat itu adalah gratis dan mudah, meningkatkan penjualan, dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen, dan cukup potensial.

"Masyarakat harus memiliki skill tentang
bagaimana cara memasarkan produk yang menarik dan mengikuti perkembangan untuk menunjang usaha UMKM," ujarnya.

Selain melakukan pendampingan untuk membuat toko online, mahasiswa KKN-Balek Kampung itu juga menciptakan alternatif dengan menciptakan rasa-rasa baru yang sedang trend pada olahan produk keripik singkong UMKM setempat.

Halaman
12
Penulis: Alex
Editor: didik ahmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved