Breaking News:

Mesir Borong Su-35 Flanker dari Rusia, Amerika Serikat Langsung Kepanasan

Washington mengungkapkan keberatannya atas langkah Mesir membeli peralatan tempur dari Rusia. Mereka kini menyiapkan sanksi untuk Mesir.

KnAAPO
Sukhoi Su-35(KnAAPO) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Militer Mesir memasuki fase baru menyusul kedatangan lima jet tempur canggih Sukhoi Su-35 Flanker dari Rusia.  

Pesawat baru itu bagian dari modernisasi besar-besaran militer Mesir, menghadapi aneka perkembangan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Situs Russia Today bersi bahasa Arab, merilis foto-foto pesawat tempur yang didatangkan dari pabriknya di Russia, yang diberi nomor 9210 dan 9214.

Pembelian jet tempur dari Rusia itu bagian dari kesepakatan yang ditandatangani pada 2019.
Total ada 20 unit jet tempur Su-35 diborong Mesir. Nilai transaksinya $ 2 miliar.

Washington mengungkapkan keberatannya atas langkah Mesir membeli peralatan tempur dari Rusia. Mereka kini menyiapkan sanksi untuk Mesir.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark Esper pernah memperingatkan Mesir agar tidak meneruskan pembelian Sukhoi Su-35.

November 2019, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Politik-Militer R Clarke Cooper juga memberi peringatan sama.

Jika Mesir mengabaikan peringatan AS, mereka akan menerima risiko kerugian di masa depan.  

Dua faktor penting yang akan terjadi  jika skuadron Su-35 dimiliki Mesir, mereka akan mampu mengimbangi dominasi Israel yang bertetangga.

Di Afrika Utara, Mesir bisa menandingi kemampuan udara Turki, yang secara terang-terangan kini diterjunkan di Libya.

Dari AS, Mesir sudah mendapatan cukup banyak belanjaan. Mereka membeli jet tempur F-16 dan 43 helikopter serang Apache AH-64

Halaman
1234
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved