Breaking News:

Seleb

Ikatan Dokter Indonesia Bereaksi Keras Terkait Video Anji & Hadi Pranoto, 'Dia Profesor Dari Mana?'

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bereaksi keras perihal kanal YouTube milik musisi Anji yang menui kontroversi

Youtube Dunia Manji
Tangkapan layar Youtube saat Wawancara Anji dengan Hadi Pranoto 

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bereaksi keras perihal kanal YouTube milik musisi Anji yang menui kontroversi lantaran mengklaim sudah menemukan obat Covid-19.

Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Slamet Budiarto menyampaikan, kepada para selebriti yang pengin membuat konten tentang Covid-19 agar lebih teliti.

Bahkan, mengundang narasumber yang benar-benar kompeten agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

Sebab, dalam video tersebut narasumber bernama Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat Covid-19 yang menyembuhkan ribuan pasien.

"Kalau artis-artis mau post di Youtube, sebaiknya menggunakan narasumber yang resmi dari Kementerian Kesehatan, dari IDI, dari pemerintah. Jadi lebih bisa dipercaya," ujar Slamet saat dihubungi Kompas.com pada Senin (3/8/2020).

Terkait informasi yang disampaikan Hadi Pranoto di dalam video Anji itu, Slamet mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi yang disampaikan pihak di luar pemerintah.

Publik diimbau menelusuri rekam jejak dan latar belakang narasumber terlebih dahulu sebelum mempercayai sebuah informasi yang disampaikannya.

Apalagi, ada seseorang yang mengklaim telah menemukan antibodi bagi penyakit Covid-19 di tengah upaya pemerintah mewujudkan vaksin.

Sebab, dalam video yang belakangan telah diturunkan YouTube itu, Hadi Pranoto yang menyebutkan dirinya profesor dan ahli mikrobiologi mengklaim telah menemukan antibodi untuk menangkal penyakit Covid-19.

"Dia itu (gelar) profesornya dari mana? Pakar mikrobiologinya dari mana? Setelah dicek dia sebagai apa, kami enggak tahu," ujar Slamet.

Halaman
12
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved