Breaking News:

Berita Riau

KPU Gandeng IDI untuk Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah di Pilkada Kota Dumai Riau

Ketua KPU Kota Dumai Darwis mengungkapkan, koordinasi KPU bersama IDI untuk tahapan pemeriksaan pasangan calon pada Pilkada 2020

istimewa
Koordinasi KPU bersama IDI untuk tahapan pemeriksaan pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Dumai Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melakukan koordinasi terkait kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, untuk pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah.

Ketua KPU Kota Dumai Darwis mengungkapkan, koordinasi KPU bersama IDI untuk tahapan pemeriksaan pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Dumai tahun 2020.

"Pertemuan ini baru bersifat koordinasi, sebab kami akan melakukan konsolidasi resmi pada beberapa minggu ke depan," katanya, Rabu (5/8/2020) di RSUD Dumai.

Berteduh di Warung di Pekanbaru,Pemotor Asal Rantau Prapat Bernasib Sial, Motor dan Tas Lesap Dicuri

14,5 Kg Sabu Campur Pemutih Dilarutkan Dalam Air, Pemusnahan Barang Bukti di Polres Bengkalis Riau

Meletup Kasus Covid-19 di Kampar Riau, Sekda Minta Pendataan Orang Keluar Masuk Diperketat

Ia menambahkan, kesiapan RSUD yang akan menjadi rujukan pemeriksaan kesehatan para pasangan calon kontestan Pilkada, menjadi pembahasan penting pada koordinasi ini.

" Ya, kalau tidak bisa atau tak lengkap tenaga medisnya maka untuk pemeriksaan calon akan dirujuk ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru," sebutnya.

Darwis menuturkan, persiapan dilakukan sedini mungkin, mengingat tahapan pemeriksaan kesehatan paslon akan berlangsung pada 4 hingga 11 September 2020 mendatang.

Ia menjelaskan, bagi pasangan calon yang mendaftar lebih awal, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih awal pula.

Pihak KPU, sebutnya, akan memaksimalkan seluruh penyelenggaraan tahapan Pilkada, termasuk kegiatan pemeriksaan kesehatan paslon.

Dirinya berharap, koordinasi ini bisa mendapat rekomendasi yang tepat dari pihak IDI kota Dumai dan pihak RSUD Kota Dumai.

Jika pihak IDI merekomendasikan RSUD ini representatif sebagai tempat pemeriksaan pasangan calon (paslon).

Baik dari kesiapan peralatan medis serta tenaga dokter ahli yang diperlukan, tentunya KPU akan memutuskan sesuai rekomendasi tersebut.

"Kita tadi koordinasi dengan Ketua IDI Dumai dr Dasrinal dan sekreraris IDI sedangkan dari KPU hadir seluruh Komisioner.”

“ Kalau RSUD tidak memadai mungkin akan dipusatkan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru namun keputusan atau penetapan akhir terkait rekomendasi IDI akan dibahas pada konsolidasi resmi mendatang," pungkasnya.

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved