Breaking News:

Citizen Journalism

Berkarya Lewat Bambu, Mahasiswa Kukerta UNRI Siap Kembangkan Potensi Desa Ranah Singkuang

Desa Ranah Singkuang termasuk desa yang kaya akan bambu, masyarakat memanfaatkan bambu tersebut untuk membuat kandang ayam

Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Istimewa
Berkarya Lewat Bambu, Mahasiswa Kukerta UNRI Siap Kembangkan Potensi Desa Ranah Singkuang 

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Desa Ranah Singkuang termasuk desa yang kaya akan bambu, masyarakat memanfaatkan bambu tersebut untuk membuat kandang ayam, atap rumah, dan lainnya.

Tim kukerta unri turun langsung ke Desa untuk melakukan survey lokasi, dan banyak terdapat lahan kosong yang bisa dimanfaatkan salahnya satu nya untuk budidaya tanaman perkarangan serta pembuatan vertikultur dari bahan dasar bambu.

Menyikapi hal tersebut mahasiswa Universitas Riau melakukan koordinasi dengan desa ranah singkuang untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi pada tahun 2020 ini, salah satu program kerja mahasiswa ini yaitu pemanfaatan lahan kosong untuk budidaya tanaman pekarangan serta pembuatan vertikultur dari bambu yang ada di Desa tersebut.

Karena kita tahu bahwa di kala pandemi ini pendapatan masyarakat rata-rata menurun, salah satu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yaitu dengan memanfaatkan bambu untuk dirancang sebagus mungkin dan bisa diperjual belikan ke kota-kota nantinya.

Tepat pada tanggal 30 juni 2020, mahasiswa Universitas Riau melaksanakan praktek pembuatan vertikultur dari bambu bersama masyarakat desa ranah singkuang, hal ini banyak mendapat tanggapan positif dari penduduk desa tersebut, dan masyarakat mau untuk melakukan kerja sama dengan tim kukerta.

Dalam sambutan Ibu Dr. Deviona, S.P., M.P. selaku dosen pembimbing lapangan mengharapkan kerjasama dan partisipasi dari masyarakat agar tercapai nya tujuan bersama untuk memajukan desa ranah singkuang.

Semoga apa yang menjadi program kerja mahasiswa didesa ini dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat mengikutinya dengan baik tutur bapak Kamaruddin sebagai kepala desa Ranah Singkuang.

Citizen Journalism - Tribunpekanbaru.com / Ade Hardika.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved