Breaking News:

Bertambah Satu Puskesmas di Kampar yang Ditutup Sementara karena Kasus Covid-19

Sejumlah Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Kampar ditutup pelayanannya akibat adanya tenaga kesehatan terjangkit Covid-19.

Penulis: Ikhwanul Rubby | Editor: Ariestia
Istimewa
Puskesmas Kampar Kiri terpaksa ditutup pelayanannya sementara waktu 6-16 Agustus 2020. Ini dilakukan karena sebelumnya ada seorang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dirawat inap di fasilitas kesehatan tersebut. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Deretan Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Kampar ditutup pelayanannya akibat adanya tenaga kesehatan terjangkit Covid-19.

Hingga hari ini tercatat sudah 3 Puskesmas di Kampar dilakukan penutupan.

Terakhir Puskesmas Kampar Kiri terpaksa ditutup pelayanannya sementara waktu, ini dilakukan karena sebelumnya ada seorang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dirawat inap di fasilitas kesehatan tersebut.

Penutupan Puskesmas Kampar Kiri menyusul dua puskesmas lainnya yaitu Puskesmas Bangkinang Kota dan Kampar Utara yang juga harus ditutup sebelumnya.

Puskesmas Kampar Kiri ditutup mulai Kamis (6/8/2020) hingga tanggal 16 Agustus kedepan dan dialihkan pelayanannya ke Puskesmas Gunung Sahilan I.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi mengatakan, bahwa sementara waktu Puskesmas Kampar Kiri ditutup karena demi keselamatan bersama.

Ini mengingat adanya temuan pasien positif yang dirawat inap di Puskesmas.

“Penutupan ini guna dilakukan sterilisasi terlebih dahulu, serta kami juga menggelar swab test kemudian melakukan isolasi kepada seluruh petugas dan terutama bagi tenaga kesehatan (nakes) yang pernah berkontak erat dengan pasien," ungkapnya.

Menurutnya ada sejumlah Nakes yang menangani pasien secara langsung sehingga perlu diantisipasi.

Dedy menuturkan Dinas Kesehatan Kampar dalam hal ini langsung melakukan tracing kepada nakes yang menangani pasien tersebut.

Hasilnya ada 19 nakes yang menangani langsung. Dan selama sehari itu, mereka juga telah melakukan interaksi dan kontak erat dengan rekan di tempat kerja maupun keluarganya.

“Awalnya ada seorang pasien yakni Ny. HKS (19) yang baru melahirkan, tetapi ia sebelumnya melahirkan di dukun. Karena yang bersangkutan pendarahan banyak, ia dirujuk ke Puskesmas Kampar Kiri dan dirawat inap selama sehari kemudian dirujuk kembali ke Rumah Sakit Pekanbaru," jelasnya.

Ia mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan dan juga swab test, ternyata hasilnya pasien dan bayinya terkonfirmasi Covid-19.

Sebelumnya Puskemas Kampar Utara diputuskan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar ditutup sementara hingga 10 Agustus 2020.

Hal ini dilakukan karena ada dua tenaga kesehatan ditempat tersebut berdasarkan hasil swab test positif Covid-19 (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved