Breaking News:

Institut Jantung Negara, Rumah Sakit Pertama di Asia Pasifik yang Berhasil Menggunakan MICRA AV

RUMAH Sakit Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia berhasil menanamkan alat pacu jantung terkecil di dunia pertama kalinya di luar Amerika Serikat

istimewa
Gedung Utama Istitut Jantung Negara 

RUMAH Sakit Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia berhasil menanamkan (implant) alat pacu jantung terkecil di dunia untuk yang pertama kalinya di luar Amerika Serikat.

“IJN telah mencapai tonggak sejarah dengan menjadi yang pertama di wilayah ini yang berhasil menanamkan alat pacu jantung micra AV,” kata Akim Affandi Ahmad, Head Marketing Institut Jantung Negara (IJN)

Micra AV adalah alat pacu jantung terkecil di dunia dengan sinkronisasi atrioventricular.

Institut Jantung Negara, Rumah Sakit Pertama di Asia Pasifik yang Berhasil Menggunakan MICRA AV
Institut Jantung Negara, Rumah Sakit Pertama di Asia Pasifik yang Berhasil Menggunakan MICRA AV (istimewa)

Perangkat baru ini dikembangkan secara khusus untuk perawatan pasien dengan blok AV di jantung mereka dan memperluas terapi pacu paling maju untuk lebih banyak pasien daripada sebelumnya.

Ini juga merupakan implantasi micra AV pertama yang berhasil dilakukan di luar Amerika Serikat yang dilakukan dalam beberapa bulan setelah menerima persetujuan pra-pasar pada Januari 2020.

Prosedur ini dilakukan oleh tim elektrofisiologi jantung IJN yang dipimpin oleh konsultan ahli jantung senior, Dr Azlan Hussin pada Maret 2020.

Selanjutnya, dua pasien lagi yang kami tanam dengan perangkat ini pada bulan berikutnya.

Tim elektrofisiologi jantung IJN yang dipimpin Dr Azlan Hussin terlibat dalam pengembangan perangkat serta dalam studi praklinis sejak 2018.

Micra AV dirancang untuk memberikan alternatif yang aman untuk alat pacu jantung konvensional –tanpa komplikasi yang terkait dengan timah dalam jangka panjang– micra AV cukup kecil untuk dikirim melalui kateter dan ditanamkan langsung ke jantung dengan tine kecil dan memberikan impuls listrik yang mempercepat jantung melalui elektroda di ujung perangkat.

Secara keseluruhan ini adalah prosedur invasif minimal.

Halaman
12
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved