Breaking News:

Meledak Lagi, Pasien Positif Covid-19 di Riau Bertambah 68 Orang, Ahli Ungkap 6 Poin Penyebab

Kasus pasien positif Covid-19 di Riau kembali meledak. Kamis (13/8/2020) ada penambahan 68 kasus baru.

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kasus pasien positif Covid-19 di Riau kembali meledak. Kamis (13/8/2020) ada penambahan 68 kasus baru.

Sehingga total akumulatif kasus pasien positif Covid-19 di Riau hingga saat ini mencapai 889 kasus.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid) mengungkapkan penyebab tingginya kasus positif Covid-19 di Riau.

Wildan mencatat setidaknya ada enam penyebab yang membuat angka pasien positif Covid-19 di Riau terus mengalami lonjakan.

"Pertama adalah OTG yang jumlahnya 80 persen itu sulit dideteksi. Kemudian yang kedua, dari hasil analis kami, ternyata sebagian besar penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 ini didapatkan dari hasil kontak tracing," kata Wildan.

Kemudian yang ketiga, kata Wildan, semakin banyaknya tes yang dilakukan. Baik rapid test maupun swab test yang dilakukan secara masif.

Selanjutnya, keempat adalah mobilitas penduduk dari zona merah yang masuk ke Riau itu semakin banyak.

"Terutama dari Sumsel dan Sumut itu kan cukup banyak masuk ke Riau, ujarnya.

Kemudian penyebab lonjakan kasus positif Covid-19 di Riau yang kelima adalah, isolasi mandiri di rumah terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG) sulit diawasi.

"Kan tidak mungkin petugas Puskemas 24 jam mengawasinya. Kemudian yang terakhir, keenam, masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved